DetikNews
Kamis 20 April 2017, 16:44 WIB

Emirates Pangkas Penerbangan ke AS Usai Larangan Laptop Masuk Kabin

Novi Christiastuti - detikNews
Emirates Pangkas Penerbangan ke AS Usai Larangan Laptop Masuk Kabin Ilustrasi (AFP/CNN Travel)
Dubai - Maskapai terbesar di kawasan Timur Tengah, Emirates, akan mengurangi jadwal penerbangan ke Amerika Serikat (AS). Keputusan ini diambil usai AS memperketat visa untuk beberapa negara dan memberlakukan langkah keamanan baru terhadap maskapai asal Timur Tengah.

Seperti dilansir AFP, Kamis (20/4/2017), maskapai yang berbasis di Dubai, Uni Emirat Arab itu menyatakan akan mengurangi layanan penerbangan ke lima kota AS, seperti Los Angeles, Boston, Orlando, Seattle dan Fort Lauderdale. Hal ini akan mulai berlaku sejak bulan depan.

"Ini merupakan keputusan komersial untuk menanggapi melemahnya permintaan perjalanan ke AS," tutur juru bicara Emirates dalam pernyataannya.

Baca juga: Emirates Pinjamkan Surface, Etihad Sediakan iPad

"Langkah yang diambil pemerintah AS baru-baru ini yang berkaitan dengan perilisan visa masuk, meningkatnya pemeriksaan keamanan dan pembatasan peralatan elektronik di dalam kabin pesawat, memiliki dampak langsung pada minta konsumen dan permintaan perjalanan udara ke AS," imbuh pernyataan itu.

Para pelancong menyatakan rasa frustrasi pada aturan baru AS yang melarang laptop serta telepon genggam berukuran besar untuk dibawa ke dalam kabin. Larangan itu berlaku untuk 10 bandara di Yordania, Kuwait, Mesir, Turki, Arab Saudi, Maroko, Qatar dan Uni Emirat Arab.

Maskapai yang terkena aturan tersebut adalah Royal Jordanian, EgyptAir, Turkish Airlines, Saudi Arabian Airlines, Kuwait Airways, Royal Air Maroc, Qatar Airways, Emirates dan Etihad Airways.

Baca juga: Qatar Airways Tawarkan Laptop Gratis untuk Penumpang Tujuan AS

Selain Emirates, maskapai Etihad Airways yang berbasis di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, mengungkapkan permintaan penerbangan ke AS yang mencapai 45 penerbangan dalam seminggu 'masih tetap kuat'.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed