Warga Meksiko Gelar Demonstrasi Besar untuk Protes Presiden Trump

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Minggu, 12 Feb 2017 14:16 WIB
Foto: REUTERS/Kevin Lamarque
Mexico City - Warga Meksiko merencanakan akan menggelar aksi protes besar-besaran ke Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Warga Meksiko akan memprotes kebijakan antimeksiko milik Trump dan rencana pembangunan tembok di perbatasan kedua negara.

Diberitakan AFP, Minggu (12/2/2017), aksi protes ini akan dilaksanakan di 20 kota di seluruh wilayah di Meksiko, termasuk Ibu Kota Mexico City. Massa diminta mengenakan putih dan garis merah, dan hijau sebagai penanda bendera negara tersebut.

Lusinan universitas, asosiasi bisnis dan organisasi kemasyarakatan berada di belakang aksi protes itu. Aksi protes direncanakan akan dilaksanakan pada pukul 12.00 waktu setempat.



"Inilah waktunya bagi kami warga bersatu dan menggabungkan kekuatan untuk menunjukkan penolakan kita ke Presiden Trump," ujar pihak koalisi aksi protes ini.

Hubungan AS-Meksiko mencapai titik terendah sejak Trump menduduki kursi di Gedung Putih pada 20 Januari lalu.

Trump, dalam kampanye pilpresnya menyebut imigran Meksiko sebagai 'Kriminal', dan berencana membangun tembok di perbatasan kedua negara. Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto membatalkan rencana perjalanannya ke AS pad 31 Januari setelah Trump mendesak Meksiko untuk membayar tembok pembatasan tersebut.

Tidak hanya itu, Trump mengancam akan mengakhiri hubungan perdagangan istimewa Meksiko dengan Amerika Serikat, serta menyalahkan Meksiko hilangnya lapangan pekerjaan di Amerika Serikat. Nilai mata uang Peso semakin terpuruk setiap kami Trump berencana melakukan negosiasi ulang North American Free Trade Agreement (NAFTA).

Rencana itu berpengaruh kepada pembuat mobil dan perusahan industri lainnya di Meksiko. 80 Persen barang Meksiko diekspor menuju ke AS atau nilai ekspor mencapai $ 300 miliar pada tahun 2015.

Aksi protes ini juga mulai memunculkan semangat nasionalisme di Meksiko, di mana perusahan AS seperti Starbuks, Coca-cola, McDonald menjadi target boikot dan banyak masyarakat yang meletakkan gambar bendera Meksiko di gambar profile akun sosial media mereka. (tfq/erd)