Pelaku Penembakan di Kanada Pernah Datangi Masjid dan Minta Uang

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 02 Feb 2017 11:42 WIB
Alexandre Bissonnette (Facebook/Handout via REUTERS)
Ottawa - Fakta dan informasi soal pelaku penembakan brutal di masjid Quebec City, Kanada mulai terkuak. Pelaku ternyata sempat mendatangi masjid beberapa kali sebelum penembakan dan meminta uang dari salah satu jemaah.

Alexandre Bissonnette menembaki jemaah masjid Centre Culturel Islamique de Quebec pada Minggu (29/1) malam waktu setempat. Enam orang tewas dan 8 orang lainnya luka-luka dalam insiden itu. Pria berumur 27 tahun itu dijerat 6 dakwaan pembunuhan berencana dan 5 dakwaan percobaan pembunuhan dengan senjata terlarang.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (2/2/2017), para jemaah masjid tersebut terkejut saat menyadari pelaku pernah dua kali terlihat berada di luar masjid, beberapa hari sebelum penembakan terjadi. Salah satu jemaah masjid mengingat jelas wajah Bissonnette yang sempat berbicara dengannya.

"Saya ingat wajahnya," tutur Lhoussine El Manoug, menjelaskan reaksi dirinya saat melihat foto Bissonnette di tayangan televisi setempat.

Baca juga: Pelaku Penembakan di Kanada Sewa Apartemen Dekat Masjid

El Manoug menuturkan, dirinya bertemu dengan Bissonnette sekitar 3 hari sebelum penembakan terjadi. Saat itu, Bissonnette muncul di masjid pada Kamis (26/1) antara pukul 19.45 - 20.00 waktu setempat. El Manoug menyebut Bissonnette mengenakan mantel hitam dan membawa tas sekolah.

Ditambahkan El Manoug, Bissonnette sempat mengatakan hal-hal aneh kepadanya. "Saya cinta Allah. Saya telah melihat foto Allah," ucap El Manoug menirukan perkataan pelaku kepadanya.

El Manoug mencurigai Bissonnette sebenarnya tidak tahu apapun soal Islam, namun saat itu dia tidak menyangka Bissonnette memiliki niat jahat. "Saya pikir dia orang yang dungu," ujarnya.

Disebutkan El Manoug, Bissonnette saat itu mengaku butuh uang untuk pergi ke Montreal. Namun El Manoug mengatakan tidak punya uang dan mengajak agar percakapan dilanjutkan di luar masjid. Tiga malam kemudian, El Manoug lolos dari aksi penembakan karena pulang lebih awal dari yang lain. Usai penembakan terjadi dan ramai diberitakan, El Manoug melihat lewat internet foto pelaku yang ditangkap. Dia langsung mengenalinya sebagai Bissonnette.

"Saya tidak pernah membayangkan bahwa pelakunya adalah dia," sebutnya.

Baca juga: PM Trudeau Soal Penembakan Masjid: Duka Muslim Duka Seluruh Kanada

Motif penembakan ini masih terus diselidiki kepolisian setempat.

(nvc/ita)