Bocah Suriah Tulis Surat Terbuka Untuk Donald Trump

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 25 Jan 2017 15:59 WIB
Donald Trump (Foto: REUTERS/Joshua Roberts)
Damaskus, - Bocah perempuan asal Suriah, Bana al-Abed menulis surat terbuka untuk Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Dalam suratnya, Bana yang berumur 7 tahun itu, meminta Trump membantu anak-anak Suriah.

"Saya adalah bagian dari anak-anak Suriah yang menderita akibat perang Suriah," tulis Bana, menurut transkrip surat yang dikirimkan ibu Bana ke media BBC.

Beberapa waktu lalu, Bana pernah menarik perhatian internasional dengan cuitan-cuitannya di Twitter mengenai gambaran tragis perang di kota Aleppo, Suriah. Bana dievakuasi dari Aleppo ke Turki pada Desember 2016 lalu.

Dalam surat terbukanya untuk Trump, bana mengatakan bahwa sekolahnya di Aleppo telah hancur akibat serangan udara, dan sejumlah temannya telah meninggal.

"Saat ini di Turki, saya bisa pergi keluar dan bersenang-senang. Saya bisa pergi ke sekolah, meskipun saat ini belum. Karena itulah perdamaian penting bagi semua orang termasuk Anda," demikian ditulis Bana seperti dilansir BBC, Rabu (25/1/2017).

"Namun, jutaan anak Suriah tidak seperti saya sekarang ini dan menderita di banyak wilayah Suriah. Anda harus melakukan sesuatu untuk anak-anak Suriah karena mereka seperti anak-anak Anda dan layak mendapatkan perdamaian seperti Anda," tulis Bana.

Postingan-postingan Bana dengan akun Twitternya @AlabedBana, telah menjadikan Bana sebagai simbol tragedi yang berlangsung di Suriah. Namun pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad mengecam cuitan-cuitan Bana dan ibunya yang nyaris setiap hari itu, dan menyebutnya sebagai propaganda.

Konflik Suriah telah berlangsung selama sekitar enam tahun. Setidaknya 15 ribu anak termasuk di antara lebih dari 300 ribu orang yang telah tewas selama konflik berkepanjangan itu. (ita/ita)