ADVERTISEMENT

Mantan Presiden El Salvador Ditangkap Atas Dakwaan Korupsi

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 31 Okt 2016 15:53 WIB
Ilustrasi (AFP Photo/Joshua Lott)
San Salvador - Mantan Presiden El Salvador, Antonio Saca, ditangkap atas dakwaan korupsi. Saca diduga menyalahgunakan uang negara semasa menjabat.

Saca memimpin negara kecil di kawasan Amerika Tengah dari tahun 2004-2009. Saca sendiri berprofesi sebagai pengusaha. Disampaikan kantor Jaksa Agung El Salvador, seperti dilansir Reuters, Senin (31/10/2016), Saca ditahan saat resepsi pernikahan salah putranya di ibu kota San Salvador pada Sabtu (29/10) waktu setempat.

Saca ditahan bersama sejumlah mantan pejabat tinggi pada pemerintahannya terdahulu. Salah satunya mantan Menteri Komunikasi Julio Rank dan Menteri Urusan Pemuda Cesar Funes.

Beberapa jam usai penahanan Saca, mantan sekretaris pribadi Saca yang bernama Elmer Charlaix menyerahkan diri ke polisi. Charlaix dijerat dakwaan penggelapan sebesar US$ 18 juta (Rp 234 militer).

Via Twitter, kantor Jaksa Agung El Salvador menyebut enam tersangka lainnya ditangkap terkait kasus Saca.

Pada Maret lalu, Mahkamah Agung El Salvador memerintahkan digelarnya persidangan sipil untuk mantan presiden Saca dan juga istrinya, Ana Ligia de Saca, karena Saca tidak bisa menjelaskan bagaimana dia mendapatkan uang US$ 5 juta (Rp 65 miliar) pada masa-masa terakhir jabatannya.

Saca yang sejumlah rekening dan propertinya dibekukan ini, didepak dari partai politiknya, Partai Republik Nasionalis (Arena) pada tahun 2009 lalu karena dugaan ketidakberesan.

Pada Februari, mantan Presiden El Salvador lainnya, Mauricio Fune, juga diperintahkan untuk disidang karena aliran dana US$ 700 ribu yang tidak bisa dipertanggungjawabkannya selama menjabat tahun 2009-1014. Funes yang mantan jurnalis televisi, merupakan ketua partai sayap kiri, Farabundo Marti National Liberation Front.

Sementara itu, mantan Presiden El Salvador dan Ketua Partai Arena, Francisco Flores, meninggal dunia setelah mengalami stroke saat menunggu persidangan kasus penggelapan yang menjeratnya.

(nvc/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT