DetikNews
Selasa 23 Agustus 2016, 10:50 WIB

Jelajah Australia 2016

Berolahraga Boxilates Sambil Menikmati Udara Pagi di Bondi Beach Sydney

Ikhwanul Khabibi - detikNews
Berolahraga Boxilates Sambil Menikmati Udara Pagi di Bondi Beach Sydney Foto: Berolahraga boxilates di segarnya udara pagi di Bondi Beach Sydney (Foto: Ikhwanul Khabibi/detikcom)
FOKUS BERITA: Jelajah Australia 2016
Sydney - Warga Sydney, Australia terkenal dengan kegemaran berolahraga. Setiap pagi meskipun hari kerja, warga tetap menyempatkan diri berolahraga sebelum berangkat bekerja.

Di sudut-sudut kota Sydney, banyak terlihat warga berolahraga di pagi hari. Kebanyakan memilih olahraga lari yang bahkan dilakukan sambil berangkat ke kantor.

Namun di sudut Kota Sydney lainnya, tepatnya di Bondi Beach, ada komunitas yang rutin berolahraga pagi di pinggir pantai. Olahraga dilakukan sembari menikmati kesegaran udara pagi dan deburan ombak deras Bondi Beach.

Olahraga yang dilakukan bukan hanya berlari, namun ada salah satu latihan kebugaran yang dilakukan, yakni Boxilates. Boxilates merupakan penggabungan gerakan tinju (boxing) dan pilates.

Komunitas olahraga boxilates yang berlatih tiap pagi di pinggir Pantai Bondi (Foto: Ikhwanul Khabibi/detikcom)


Adalah komunitas Paper Tiger Wellnes yang rutin melakukan latihan Boxilates di Bondi Beach. Komunitas yang kini sudah beranggotakan puluhan orang itu melakukan latihan di lapangan yang berada tepat di samping Bondi Beach, Sydney.

detikcom dan 2 media lain yang difasilitasi Australia Plus ABC International yang tengah berada di Sydney mengunjungi Bondi Beach untuk melihat latihan Boxilates. Latihan biasanya akan dimulai pukul 06.30-07.30, tiga kali dalam seminggu.

Komunitas Paper Tiger Wellnes sudah berada di Bondi Beach sejak pukul 06.00. Mereka mengawali latihan dengan sedikit pemanasan. Alat yang digunakan untuk melakukan latihan Boxilates cukup sederhana, yakni matras dan sarung tinju saja.

Gerakan pilates di boxilates (Foto: Ikhwanul Khabibi/detikcom)


"Boxilates adalah latihan gabungan yang saya susun untuk menjaga kebugaran. Gerakan tinju akan menuntut kita untuk mengeluarkan banyak tenaga yang bepusat di lengan digabung dengan pilates untuk menggerakkan seluruh tubuh," kata pelatih Boxilates, Jenna Kruiskamp.

Setelah pemanasan, peserta latihan akan langsung berpasang-pasangan. Mereka langsung melakukan gerakan tinju selama dua puluh detik. Setelah itu, satu orang berlari sejauh 100 meter dan yang lainnya sit up sampai pasangan mereka selesai berlari. Lalu gerakan diulang dengan kembali bertinju dan berulang lagi selama 50 menit satu sesinya.

Gerakan bertinju di boxilates (Foto: Ikhwanul Khabibi/detikcom)


Setelah Boxilates, bisa dilanjutkan dengan yoga. Udara sejuk di pinggir pantai dan suara deburan ombak akan menimbulkan rasa relaks saat melakukan yoga.

"Suasana di pantai akan membuat hormon kesenangan keluar. Hal itu sangat positif untuk melakukan berbagai latihan," ujar salah satu peserta anggota Paper Tiger Wellness, Tori Clapham.

Selain komunitas Paper Tiger, banyak juga orang lain yang berolahraga di Bondi Beach setiap paginya. Ada pula orang yang berselancar dan menaklukkan ombak Bondi Beach.

Pada bulan Juni, Sydney memasuki musim dingin. Namun dinginnya udara tetap tidak menyurutkan warga untuk tetap mengunjungi Bondi Beach untuk berolahraga.

"Karena berlatih bukan hanya untuk menjaga kebugaran, tapi juga menimbulkan efek kebahagiaan. Selain membakar kalori, kita juga merasa rileks," jelas Jenna.
(Hbb/nwk)
FOKUS BERITA: Jelajah Australia 2016
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed