DetikNews
Jumat 05 Agustus 2016, 17:58 WIB

Tergelincir Saat Mendarat di Italia, Pesawat Kargo DHL Meluncur ke Jalanan

Novi Christiastuti - detikNews
Tergelincir Saat Mendarat di Italia, Pesawat Kargo DHL Meluncur ke Jalanan Penampakan pesawat kargo yang tergelincir hingga ke jalanan (Vigili del Fuoco/Handout via REUTERS)
Roma - Sebuah pesawat kargo DHL tergelincir keluar landasan saat melakukan pendaratan di bandara Bergamo, Italia. Pesawat jenis Boeing 737-400 ini terus meluncur dan berakhir di jalanan dekat bandara.

Seperti dilansir CNN, Jumat (5/8/2016), insiden ini menimpa pesawat kargo dengan nomor penerbangan BCS 7332, yang terbang dari Bandara Charles de Gaulle, Prancis menuju Bandara Bergamo Orio al Serio, Italia bagian utara.

Disampaikan Otoritas Penerbangan Sipil Italia, insiden berawal ketika pesawat kargo ini melakukan pendaratan di Bandara Bergamo pada Jumat (5/8) pagi waktu setempat. Entah apa yang terjadi, pesawat tiba-tiba kehilangan kendali saat melakukan pendaratan.

Pesawat kargo DHL tergelincir hingga masuk ke jalan raya di Italia (Matteo Bazzi/ANSA/EPA)

Pesawat bergerak keluar dari landasan, menabrak pagar pembatas bandara dan berakhir di jalanan setempat. Tidak ada korban luka di daratan usai pesawat menerobos jalanan yang ramai dilewati kendaraan.

Saat insiden terjadi, di dalam pesawat kargo ini hanya ada dua orang, yakni pilot dan kopilot. Otoritas Italia menyatakan, keduanya dalam kondisi selamat tanpa luka sedikitpun usai insiden langka ini.

"Diketahui bahwa sedang turun hujan deras di bandara saat insiden ini terjadi. Tim cepat tanggap telah dikerahkan dari markas maskapai di Budapest," terang ASL Airlines Hungary, yang memiliki pesawat ini, dalam pernyataannya.

Pesawat kargo DHL tergelincir hingga masuk ke jalan raya di Italia (@MarcoMauriPude/Twitter)

Foto-foto di media sosial menunjukkan bagian hidung dan separuh badan pesawat membentang di tengah jalan. Puing pesawat bertebaran di jalanan dan diperkirakan butuh waktu berjam-jam untuk membersihkannya.

Insiden ini memicu penutupan sementara bandara Bergamo, yang juga berdampak pada penundaan dan pembatalan sejumlah penerbangan. Saat ini, seperti disampaikan Otoritas Penerbangan Sipil Italia, bandara kembali dibuka namun belum seluruh penerbangan beroperasi normal.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed