DetikNews
Sabtu 25 Juli 2015, 16:29 WIB

Pesawat Myanmar Tergelincir Saat Hendak Mendarat, 1 Orang Luka

Novi Christiastuti - detikNews
Pesawat Myanmar Tergelincir Saat Hendak Mendarat, 1 Orang Luka Ilustrasi (AFP)
Yangon - Pesawat penumpang di Myanmar tergelincir di landasan saat hendak mendarat di tengah hujan deras. Sedikitnya satu orang mengalami luka-luka akibat insiden ini.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (25/7/2015), pesawat maskapai Air Bagan dengan rute domestik ini membawa 49 penumpang dari kota Mandalay menuju Yangon. Insiden terjadi saat pesawat jenis ATR 72 turboprop ini melakukan pendaratan di Bandara Internasional Yangon pada Jumat (24/7) malam.

"Sedikit menyimpang keluar dari landasan, karena cuaca buruk dan hujan deras," demikian pernyataan maskapai Air Bagan melalui akun Facebook-nya.

Disebutkan bahwa seluruh penumpang berhasil keluar dari pesawat dengan selamat. Hanya satu penumpang, yang diketahui seorang biksu Buddha yang mengalami luka ringan di tangannya.

Belum ada tanggapan resmi dari Otoritas Penerbangan Myanmar terkait insiden ini.

Maskapai Air Bagan pernah mengalami insiden cukup parah pada Desember 2012 lalu, ketika gagal mendarat di tengah kabut tebal di Bandara Heho, yang ada di kawasan wisata Inle Lake. Pesawat meledak dan terbakar hingga menewaskan seorang pemandu wisata dan seorang pengendara yang melintas di dekat lokasi. Sedangkan 11 orang lainnya, termasuk beberapa warga negara asing mengalami luka-luka.

Maskapai ini diluncurkan pada tahun 2004 lalu, oleh pengusaha setempat bernama Tay Za yang dikenal dekat dengan pemerintahan junta militer Myanmar saat itu. Bagan Air tercatat sebagai maskapai swasta pertama di Myanmar, dengan satu pesawat jenis ATR 42 dan tiga pesawat jenis ATR 72. Maskapai ini melayani 19 tujuan di dalam wilayah Myanmar dan bisa disewa ke tujuan wisata ternama Thailand, Chiang Mai.
(nvc/gah)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed