Pertama di Chile! Perwira Angkatan Laut Mengaku Gay

- detikNews
Kamis, 28 Agu 2014 15:44 WIB
Ilustrasi
Santiago, - Seorang perwira Angkatan Laut Chile mengukir sejarah di negerinya. Pria muda itu menjadi personel militer pertama Chile yang mengaku gay. Ini merupakan pengakuan mengejutkan di negara konservatif Katolik tersebut.

"Tak ada yang lebih baik daripada menjadi dirimu sendiri," kata Mauricio Ruiz pada konferensi pers seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (28/8/2014).

Pria berumur 24 tahun itu mengatakan, dirinya telah menyampaikan kepada atasannya bahwa dia lelah menjalani kehidupan ganda sebagai pria normal dan gay. Karenanya, Ruiz pun memutuskan untuk terbuka pada umum dengan berbicara ke media.

Chile dikenal sebagai negara yang sangat konservatif, bahkan perceraian pun baru diizinkan pada tahun 2004 lalu. Selama ini diskriminasi terhadap orang-orang di militer dan masyarakat yang diduga gay, kerap terjadi di negeri itu.

Kelompok-kelompok HAM gay pun menyambut pengakuan Ruiz ini.

"Dia mengambil keputusan perintis, layaknya orang berani yang mengambil langkah pertama," tutur Oscar Rementeria, juru bicara organisasi Homosexual Integration and Liberation Movement.

Dikatakan Ruiz, pasangan gaynya awalnya tidak ingin dirinya membeberkan hal ini karena takut akan keselamatan Ruiz. Pasangan Ruiz pun berdiri di sampingnya selama konferensi pers berlangsung.

(ita/ita)