ADVERTISEMENT

Vietnam Perluas Pencarian Pesawat MAS Hingga Area Hutan dan Pegunungan

- detikNews
Selasa, 11 Mar 2014 23:50 WIB
CNN.com
Ho Chi Minh - Belasan negara terlibat dalam pencarian besar-besaran atas hilangnya Pesawat Malaysia Airlines MH 370 hingga hari keempat ini. Militer Vietnam memperluas pencarian hingga area pegunungan dan hutan.

"Kita sudah menginformasikan unit dan warga lokal termasuk zona militer 5,7 dan 9. Serta yang berada di wilayah barat, Tenggara dan region pusat untuk mengerahkan pasukan untuk menemukan pesawat," ujar wakil kepala staff umum Vietnam People Army, Lieut Gen Vo Van Tuan seperti dilansir thestar.com, Selasa (11/3/2014).

Para unit yang berada di perbatasan juga diminta untuk meningkatkan koordinasi dengan Laos dan Kamboja untuk mencari pesawat tersebut. Sebelumnya, dua jalur komunikasi telah didirikan di kantor pemerintah di pulau Phu Quoc di selatan provinsi Kien Giang untuk memberikan informasi yang berhubungan dengan pencarian.

Ditempat terpisah, Menteri Tranportasi, Pham Quy Tieu mengatakan dalam konferensi pers mengatakan pasukan militer Vietnam akan terus mencari ke area yang lebih luas. Pencarian akan diperluas kerah timur dari kawasan yang awalnya diduga lokasi pesawat jatuh yang tepatnya berada di 227 kilometer dari Tho Chu Island di Provinsi Kien Giang, selatan dan barat pulau Con Dao, dan 185 kilometer lepas pantai dari provinsi selatan Ba Ria-Vung Tau.

Nantinya Phu Quoc internasional airpot juga akan dijadikan tempat penyelematan. Kapal angkatan laut HQ888 juga telah menyelidiki perairan di selatan provinsi Ba Ria Vung Tau tanpa menemukan potongan oleh pesawat komersial Hong Kong pada hari Senin menurut komite nasional pencarian dan penyelamatan.

Pukul 11 siang tadi, Satelit VNRedsat-1 melewati pulau Tho Chu dan mengambil gambar disana. Serta empat pesawat diterbangkan untuk mencari pesawat Malaysia yang hilang.

"Angkatan udara Vietnam akan terus melakukan penerbangan ke wilayah yang dicurigai pada siang hari," ujar kepala deputi Air Division 370, Kolonel Tran Van Lam.

Cina juga telah mengerahkan 10 satelit yang bertujuan untuk memberikan sinyal posisi untuk membantu pencarian. Termasuk mengerimkan dua kapal angkatan laut, Jinggangshan dan Mianyang ke daerah laut yang menjadi target.



(spt/bal)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT