Jarang Terlihat, Istri Assad & 3 Anaknya Tiba-tiba Muncul di Depan Publik

- detikNews
Senin, 18 Mar 2013 10:20 WIB
Presiden Assad & istrinya, Asma (AFP)
Presiden Assad & istrinya, Asma (AFP)
Damaskus - Krisis Suriah masih terus berlangsung. Istri dan anak-anak Presiden Bashar al-Assad yang nyaris jarang terlihat, tiba-tiba muncul ke publik. Mereka hadir dalam acara penggalangan dana amal untuk ibu-ibu tentara yang tewas dalam konflik selama 2 tahun terakhir. Acara itu digelar di Damaskus, ibukota Suriah.

Kemunculan Asma al-Assad dan ketiga anaknya ini tergolong langka karena selama konflik Suriah berlangsung, Presiden Assad dan keluarganya terkesan sembunyi dari publik. Bahkan mereka pernah disebut-sebut meninggalkan Suriah secara diam-diam.

Kantor presiden Suriah, seperti dilansir AFP, Senin (18/3/2013), menyampaikan informasi kehadiran Asma dan anak-anaknya dalam acara amal yang digelar Sabtu (16/3), melalui akun Facebook.

"Mereka hadir dalam acara amal yang digelar Sabtu (16/3)... di Damaskus, Opera House dalam rangka Hari Ibu," demikian bunyi pernyataan kantor presiden Suriah.

Acara amal yang dihadiri Asma ini bertema 'Mothers Rally' dan ditujukan untuk menggalang dana bagi para ibu dari tentara Suriah yang tewas selama pertempuran melawan para pemberontak. Penggalangan dana dilakukan melalui penjualan barang-barang kerajinan.

Asma, ibu negara Suriah yang kelahiran Inggris ini memang jarang terlihat di depan publik. Terlebih bersama kedua putra dan seorang putrinya.

Pada Juni 2012 lalu, Asma dan anak-anaknya diisukan melarikan diri dan mengungsi ke Rusia seiring konflik Suriah semakin memanas. Namun isu tersebut dengan segera dibantah oleh pemerinta Rusia.

(nvc/ita)