Wow! Arab Saudi Beli Jet Inggris Rp 27 Triliun

ADVERTISEMENT

Wow! Arab Saudi Beli Jet Inggris Rp 27 Triliun

- detikNews
Rabu, 23 Mei 2012 16:21 WIB
Riyadh, - Kementerian Pertahanan Arab Saudi telah menandatangani kesepakatan pembelian bernilai fantastis dengan Inggris untuk membeli jet-jet latih, yang akan digunakan oleh Angkatan Udara Saudi. Tidak tanggung-tanggung, nilai pembelian tersebut mencapai US$ 3 miliar (sekitar Rp 27,7 triliun)!

Dalam kesepakatan pembelian tersebut juga mencakup simulator, peralatan pelatihan dan darat serta suku-suku cadang. Demikian disampaikan seorang pejabat Kementerian Pertahanan Saudi seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (23/5/2012).

Dikatakan pejabat yang tidak disebutkan namanya itu, jet-jet baru tersebut akan membantu meningkatkan kemampuan pilot-pilot Saudi "untuk menggunakan jet-jet tempur generasi keempat dengan penuh profesionalisme dan efisiensi."

Menteri Pertahanan Saudi Pangeran Salman bin Abdul Aziz pada April lalu melakukan lawatan ke Inggris terkait kesepakatan pembelian tersebut. Inggris merupakan pemasok besar senjata bagi kerajaan kaya minyak tersebut.

Pada tahun 2006 lalu, Saudi memesan 72 jet tempur Eurofighter Typhoon dalam kesepakatan pembelian senilai US$ 32,9 miliar. Pesawat multifungsi tersebut dirancang oleh konsorsium firma-firma Eropa di mana perusahaan Inggris, BAE Systems memiliki 33 persen saham.
(ita/vta)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT