Bukan Satu, Tapi Ada Dua Rudal yang Ditembakkan Iran ke Pesawat Ukraina!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 12:23 WIB
Foto: AP Photo/Ebrahim Noroozi
Foto: AP Photo/Ebrahim Noroozi
Teheran - Sebuah rekaman video menunjukkan bahwa ternyata ada dua rudal yang ditembakkan ke pesawat penumpang milik maskapai Ukraina yang jatuh di Teheran, Iran pekan lalu. Kedua rudal itu ditembakkan dengan selisih waktu 30 detik.

Media New York Times melaporkan bahwa pihaknya telah memverifikasi rekaman kamera keamanan tersebut. Rekaman tersebut menunjukkan bahwa dua rudal mengenai pesawat sipil Ukraine International Airlines Flight 752 pada 8 Januari lalu. Kedua rudal itu diluncurkan dari sebuah lokasi militer Iran yang berjarak sekitar delapan mil dari pesawat tersebut.

Times seperti dilansir AFP, Rabu (15/1/2020) melaporkan bahwa rudal-rudal itu dilepaskan dalam selisih waktu 30 detik dan ini menjelaskan misteri soal mengapa transponder pesawat berhenti berfungsi sebelum rudal mengenai pesawat. Video baru ini menunjukkan bahwa serangan rudal pertama telah menyebabkan matinya transponder, sebelum terjadinya serangan rudal kedua, yang juga terlihat dalam video ini.




Dalam video ini terlihat bahwa usai terkena rudal, pesawat terbakar dan berputar balik menuju bandara internasional Teheran, Iran. Beberapa menit kemudian pesawat itu meledak dan jatuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2