detikNews
2019/12/03 12:04:40 WIB

Kasihan! Paus Sperma Mati Terdampar dengan 100 Kg Sampah Laut di Perut

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kasihan! Paus Sperma Mati Terdampar dengan 100 Kg Sampah Laut di Perut Paus sperma yang mati terdampar dengan 100 kilogram sampah laut di perutnya (Facebook/SMASS via Channel News Asia)
Edinburgh - Mengenaskan! Seekor paus sperma ditemukan mati terdampar di pantai Skotlandia. Di dalam perut paus itu ditemukan bermacam sampah lautan seberat total 100 kilogram.

Seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (3/12/2019), seekor paus sperma jantan yang nyaris dewasa ini diduga mati usai terdampar di pantai Isle of Harris pada Kamis (28/11) waktu setempat. Scottish Marine Animal Strandings Scheme (SMASS), sebuah organisasi yang menyelidiki insiden binatang laut terdampar, menemukan paus sperma itu dua hari kemudian.


Ketika SMASS menemukan paus itu, terdapat gumpalan besar sampah laut di dalam perutnya. Setelah dibedah, ditemukan banyak tali, gelas plastik, kantong plastik, sarung tangan, tabung dan jaring di dalam perut paus itu.

"Saat kami menemukannya, paus itu sudah mati selama 48 jam dan hampir sebagian besar isi perutnya keluar dari samping ketika kami menusukkan pisau ke bangkainya," tulis SMASS dalam postingan Facebook-nya.

"Di dalam perut paus diperkirakan ada sampah laut dengan berat sekitar 100 kilogram -- berbagai macam plastik termasuk jaring, sejumlah besar tali, gelas plastik, kantong plastik, sarung tangan, tali pengikat dan tabung," imbuh pernyataan SMASS.

"Seluruh material ini menggumpal membentuk bola raksasa di dalam perut dan beberapa tampaknya sudah ada di dalam sana cukup lama," sebut SMASS.

Tali dan jaring ditemukan di dalam perut paus sperma yang terdamparTali dan jaring ditemukan di dalam perut paus sperma yang terdampar Foto: Facebook/SMASS via Channel News Asia



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com