detikNews
2019/10/21 18:24:44 WIB

Diawasi Putin, Kapal Selam Nuklir Rusia Gagal Uji Tembak Rudal

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Diawasi Putin, Kapal Selam Nuklir Rusia Gagal Uji Tembak Rudal Vladimir Putin (Sputnik/Alexei Nikolsky/Kremlin via REUTERS)
Moskow - Rusia dilaporkan gagal melakukan uji coba rudal balistik antarbenua yang ditembakkan dari kapal selam bertenaga nuklir. Kegagalan uji coba itu terjadi dalam latihan militer yang diawasi langsung oleh Presiden Vladimir Putin.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (21/10/2019), kapal selam bertenaga nuklir yang bernama K-44 Ryazan, bagian dari armada Pasifik Rusia, seharusnya meluncurkan dua rudal balistik R-29R dari Laut Okhotsk pada 17 Oktober lalu. Namun hanya satu rudal yang ditembakkan dengan sukses.

Laporan surat kabar lokal, Vedomosti, yang mengutip dua sumber yang dekat dengan Kementerian Pertahanan Rusia menyebut satu rudal masih berada di dalam tabung peluncuran di kapal selam tersebut.


Insiden tersebut terjadi pada hari yang sama saat Putin mengawasi langsung latihan militer Rusia dari pusat komando di Kementerian Pertahanan di Moskow.

Latihan militer itu merupakan bagian dari latihan perang pasukan bersenjata Rusia yang dikenal dengan nama 'Thunder 2019', yang dirancang untuk menguji kesiapan pasukan strategis Rusia dalam menghadapi konflik nuklir.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com