detikNews
2019/10/16 16:18:14 WIB

Diprotes Oposisi di Parlemen, Pemimpin Hong Kong Batal Pidato Kenegaraan

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Diprotes Oposisi di Parlemen, Pemimpin Hong Kong Batal Pidato Kenegaraan Carrie Lam berdiri di podium saat hendak menyampaikan pidato kenegaraan (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Hong Kong - Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam, batal menyampaikan pidato kenegaraan setelah diprotes oleh anggota parlemen dari oposisi di gedung parlemen setempat. Sejumlah politikus oposisi menggelar protes melawan Lam di dalam ruang sidang.

Seperti dilansir AFP, Rabu (16/10/2019), pidato kenegaraan yang akan disampaikan Lam dipandang sebagai upaya untuk memenangkan hati rakyat Hong Kong, yang selama empat bulan terus diwarnai unjuk rasa pro-demokrasi.

Namun yang terjadi, pidato itu malah mengungkapkan polarisasi intens di kota semi-otonomi tersebut setelah berminggu-minggu diwarnai unjuk rasa yang seringkali berujung bentrokan sengit antara demonstran antipemerintah dan polisi.


Lam berupaya dua kali untuk menyampaikan pidato kenegaraan di dalam ruang sidang Dewan Legislatif Hong Kong, yang baru saja memulai masa sidang baru setelah reses selama tiga bulan usai diserbu demonstran anarkis.

Sejumlah anggota parlemen pro-demokrasi mengangkat poster anti-Lam dan berteriak di dalam ruang sidang untuk mengganggu pidato Lam. Para anggota parlemen yang memprotes Lam itu merupakan minoritas di tengah-tengah parlemen yang didominasi politikus pro-China.

Dalam aksi protesnya, salah satu anggota parlemen bahkan menggunakan sebuah proyektor portabel untuk menayangkan slogan protes di belakang Lam yang berdiri di podium. Anggota parlemen itu kemudian memakai topeng Presiden China, Xi Jinping.

Carrie Lam berdiri di podium saat hendak menyampaikan pidato kenegaraanCarrie Lam berdiri di podium saat hendak menyampaikan pidato kenegaraan Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com