detikNews
2019/10/10 17:29:49 WIB

Presiden Ukraina Tegaskan Trump Tidak Coba Memerasnya via Telepon

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Presiden Ukraina Tegaskan Trump Tidak Coba Memerasnya via Telepon Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (REUTERS/Gleb Garanich)
Kiev - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menegaskan bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tidak coba memeras dirinya dalam percakapan telepon pada 25 Juli lalu. Percakapan telepon itu kini menjadi fokus penyelidikan pemakzulan terhadap Trump.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (10/10/2019), Zelensky menyatakan bahwa hal serupa juga tidak terjadi dalam pertemuan dengan Trump pada September lalu, di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB yang digelar di New York.

Dalam pernyataan terbaru kepada wartawan setempat, Zelensky menyatakan dirinya tidak mengetahui jika bantuan militer AS untuk Ukraina diblokir saat dia bercakap via telepon dengan Trump. Zelensky mengaku baru menyadari hal ini setelah diberitahu oleh Menteri Pertahanan Ukraina usai panggilan telepon itu.


Disebutkan Zelensky bahwa dirinya sempat membahas isu ini dalam pertemuan dengan Wakil Presiden AS Mike Pence di Polandia pada September lalu.

Komisi pada House of Representatives (HOR) atau DPR AS tengah melakukan penyelidikan pemakzulan terhadap Trump. Penyelidikan fokus untuk mencari tahu apakah Trump menggunakan bantuan untuk Ukraina nyaris sebesar US$ 400 juta, yang telah disetujui Kongres AS, sebagai 'umpan' untuk menekan Zelensky agar melakukan penyelidikan terhadap mantan Wakil Presiden AS Joe Biden yang berpotensi menjadi penantang utama Trump dalam pilpres 2020 mendatang.

Trump melontarkan tuduhan-tuduhan, tanpa bukti, bahwa Biden terlibat kesepakatan tidak pantas di Ukraina. Putra Biden, Hunter, diketahui pernah bekerja dan menjadi anggota direksi sebuah perusahaan gas Ukraina yang bernama Burisma.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com