detikNews
2019/10/07 15:54:13 WIB

Turki Luncurkan Operasi Militer terhadap Kurdi di Suriah, AS Tarik Pasukan

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Turki Luncurkan Operasi Militer terhadap Kurdi di Suriah, AS Tarik Pasukan Situasi di Suriah bagian timur laut yang berbatasan dengan Turki. Pasukan AS yang ditempatkan di titik ini telah ditarik. (ANHA via AP)
Washington DC - Tentara-tentara Amerika Serikat (AS) di Suriah bagian utara tidak akan lagi ditempatkan di dekat perbatasan dengan Turki. AS juga menegaskan militernya tidak akan mendukung operasi militer Turki yang baru diluncurkan di Suriah.

Padahal diketahui operasi militer Turki itu menargetkan pasukan Kurdi, yang sebelumnya membantu AS dalam pertempuran melawan kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Beberapa waktu lalu, AS mengklaim telah mengalahkan ISIS di Suriah dengan bantuan pasukan SDF, yang dipimpin milisi Kurdi bernama Unit Perlindungan Rakyat (YPG).


Seperti dilansir AFP dan Reuters, Senin (7/10/2019), Gedung Putih menegaskan bahwa pasukan militer AS yang sebelumnya bekerja sama dengan milisi Kurdi dalam memerangi ISIS di Suriah bagian utara, akan ditarik mundur.

"Turki akan segera mungkin bergerak maju dengan operasi yang direncanakan sejak lama di Suriah Utara. Militer Amerika Serikat tidak akan mendukung atau terlibat dalam operasi tersebut, dan pasukan AS, yang telah mengalahkan wilayah 'kekhalifahan' ISIS, tidak akan lagi ada di area tersebut," sebut Gedung Putih dalam pernyataannya.


Gedung Putih menyampaikan penegasan itu setelah Presiden AS Donald Trump bercakap via telepon dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk membahas soal 'zona aman' dalam konflik Suriah.

Diketahui bahwa Turki selama ini menganggap milisi Kurdi di Suriah sebagai teroris dan pecahan dari militan Kurdi yang kerap melancarkan serangan di Turki. Erdogan sebelumnya memperingatkan bahwa militer Turki bisa saja meluncurkan serangan lintas perbatasan 'sesegera mungkin'.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com