detikNews
2019/09/20 21:34:08 WIB

Round-Up

Spekulasi Bermunculan Usai Bayi-bayi Lahir Tanpa Tangan

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Spekulasi Bermunculan Usai Bayi-bayi Lahir Tanpa Tangan Ilustrasi bayi (Foto: iStock)
Berlin - Munculnya pola anomali kelahiran bayi di Rumah Sakit Saint Marien memicu munculnya spekulasi-spekulasi. Pejabat kesehatan meminta masyarakat untuk tidak panik.

Dalam periode 12 minggu, tiga bayi di rumah sakit yang ada di pinggiran utara kota Buer itu memiliki cacat tangan yang serupa. Seperti dilansir media Jerman, Deutsche Welle (DW),

Dua dari bayi yang lahir itu memiliki telapak tangan dan jari yang kurang berkembang di lengan kiri, tetapi lengan mereka normal. Bayi ketiga memiliki gejala yang sama di sebelah kanan.


Dokter mengatakan tidak ada "kesamaan etnis, budaya atau sosial" di antara keluarga yang terkena dampak. Satu-satunya kesamaan, mereka tinggal di daerah Gelsenkirchen, sebuah kota di negara bagian Nordrhein-Westfalen.

Kementerian kesehatan di seluruh negara bagian di Jerman akan meminta rumah sakit-rumah sakit yang berada di wilayah yurisdiksi masing-masing untuk mengamati apakah juga terjadi kasus serupa.

Namun, direktur Pusat Kedokteran Anak dan Remaja Universitas Mainz, Fred Zepp, mengatakan pengamatan sejauh ini hanya bersifat "sinyal awal". Zepp mengatakan perlu investigasi lebih lanjut untuk memahami penyebab anomali ini.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com