detikNews
2019/09/09 13:12:52 WIB

Pintu Pesawat Baru Boeing 777X Meledak Saat Uji Tekanan Tinggi

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 3
Pintu Pesawat Baru Boeing 777X Meledak Saat Uji Tekanan Tinggi Ilustrasi (REUTERS/Paulo Whitaker/File Photo)
Washington - Insiden terjadi pada Boeing 777X, pesawat penumpang jenis baru saat tahap pengujian untuk sertifikasi baru-baru ini. Bagian pintu kargo pesawat buatan raksasa penerbangan Amerika Serikat tersebut, meledak saat pengujian dalam tekanan tinggi.

Hal ini mencuat di tengah krisis yang masih menyelimuti Boeing terkait pesawat jenis 737 MAX yang terlibat dua kecelakaan maut beberapa bulan lalu. Pesawat jenis 737 MAX sendiri tengah di-grounded secara global usai kecelakaan Lion Air JT 610 dan Ethiopian Airlines ET 302 yang menewaskan total 346 orang.

Seperti dilansir AFP, Senin (9/9/2019), insiden pada Boeing 777X yang merupakan pesawat penumpang untuk penerbangan jarak jauh ini, terjadi saat pengujian 'muatan final' sebagai bagian dari proses sertifikasi, yang diawasi oleh para inspektur dari Otoritas Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA).


Juru bicara Boeing dalam pernyataan kepada AFP menyebut pengujian itu dimaksudkan untuk menguji ketahanan pesawat pada 'muatan dan tekanan di luar muatan operasional normal'. Dampak dari insiden ini, Boeing terpaksa menangguhkan pengujian untuk bagian ini.

"Saat pengujian muatan final pada uji statis pesawat 777X, tim menghadapi masalah yang membutuhkan sebuah penangguhan pengujian coba," sebut juru bicara Boeing, sembari menyatakan pengujian coba secara keseluruhan masih akan dilanjutkan.

"Kondisi pengujian jauh melampaui beban yang diperkirakan dalam layanan komersial. Peristiwa ini sedang dalam pengkajian dan tim masih bekerja untuk memahami penyebab dasarnya," imbuhnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com