detikNews
Kamis 29 Agustus 2019, 10:22 WIB

Gara-gara Drone, Pesawat di Bandara London Berbelok Tiba-tiba

Novi Christiastuti - detikNews
Gara-gara Drone, Pesawat di Bandara London Berbelok Tiba-tiba Ilustrasi (Reuters)
London - Gara-gara drone, sebuah pesawat penumpang yang mendekati Bandara Gatwick, London, Inggris terpaksa berbelok tiba-tiba di udara. Insiden ini menambah panjang daftar insiden drone di bandara London yang marak beberapa waktu terakhir.

Seperti dilansir CNN, Kamis (29/8/2019), insiden ini terjadi pada April lalu dan melibatkan sebuah pesawat penumpang jenis Airbus A320 yang bisa membawa 186 penumpang. Namun laporannya baru diungkap oleh UK Airprox Board (UKAB) pada pekan ini.


Dalam insiden tersebut, sebuah pesawat penumpang yang tidak disebut nama maskapainya terpaksa mengambil aksi mengelak setelah pilot menyadari ada sebuah drone atau pesawat tanpa awak di depan pesawat.

"Pilot melihat sebuah drone berwarna gelap di depan," demikian laporan UKAB tersebut.

"Mengambil langkah menghindar dengan berbelok 5-8 derajat ke arah kanan," imbuh laporan tersebut.


Tidak ada korban luka dalam insiden itu. Namun dalam laporannya, UKAB mengkategorikan insiden ini sebagai insiden dengan risiko tertinggi.

Insiden drone ini terjadi beberapa bulan setelah penampakan sejumlah drone di Bandara Gatwick, yang beberapa di antaranya mengganggu rencana perjalanan ratusan ribu orang. Tidak ada nama maskapai maupun nomor penerbangan yang disebut dalam laporan UKAB. Namun diketahui bahwa sejumlah maskapai seperti British Airways dan EasyJet mengoperasikan Airbus A320 dari Bandara Gatwick.

Diketahui bahwa aturan yang berlaku di Inggris menyatakan ilegal bagi aktivitas menerbangkan drone hingga ketinggian 400 kaki atau 121 meter, dalam jangkauan 1 kilometer dari perbatasan luar bandara. Laporan UKAB menyebut drone-drone itu melanggar aturan tersebut.


Ringkasan dari laporan UKAB menambahkan bahwa drone itu 'membahayakan pesawat lain di lokasi tersebut'.

"Kami mempertimbangkan bahwa keseluruhan keterangan pilot soal insiden itu menggambarkan situasi di mana meskipun keamanan berkurang, aksi menghindari mampu diambil," demikian bunyi laporan UKAB.

Insiden ini tercatat sebagai salah satu dari 10 laporan penampakan drone yang diterima UKAB dalam beberapa bulan terakhir. Lima insiden di antaranya terjadi di dekat Bandara Heathrow, bandara utama Inggris.




Tonton juga video Iran Klaim Tembak Jatuh Drone Mata-mata AS:

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/ita)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com