detikNews
Selasa 27 Agustus 2019, 12:35 WIB

Kerajaan Thailand Rilis Foto-foto Langka Selir Raja Vajiralongkorn

Novi Christiastuti - detikNews
Kerajaan Thailand Rilis Foto-foto Langka Selir Raja Vajiralongkorn Selir Raja Thailand Sineenat Wongvajirapakdi saat menerbangkan pesawat ringan (Thailand's Royal Office/AFP/Getty Images via CNN)
Bangkok - Kerajaan Thailand secara langka merilis foto-foto dan biografi Sineenat Wongvajirapakdi yang dikenal sebagai selir Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn. Selama ini sosok Sineenat jarang muncul di depan umum.

Seperti dilansir AFP, Selasa (27/8/2019), dalam foto-foto itu, Sineenat tampak sedang berlatih menembak, menerbangkan pesawat dan bersiap untuk terjun payung.

Sineenat yang baru berusia 34 tahun ini merupakan bekas perawat militer. Saat Raja Vajiralongkorn berulang tahun ke 67 pada Juli lalu, Sineenat dianugerahi gelar 'Chao Khun Phra' atau Selir Kerajaan Thailand. Dia menjadi wanita pertama yang meraih gelar kehormatan dalam Kerajaan Thailand selama nyaris satu abad terakhir.


Kumpulan foto-foto langka yang dirilis Kerajaan Thailand terdiri daris 60 foto Sineenat, baik yang diambil secara candid maupun yang menunjukkan Sineenat sedang beraksi. Sedangkan biografinya terdiri atas 46 halaman. Foto-foto dan biografi itu tertanggal pekan lalu, namun baru mulai beredar online pada Senin (26/8) kemarin.

"Raja telah memerintahkan penerbitan biografi kerajaan untuk Chao Khun Phra Sineenat Bilaskalayani," demikian pernyataan dari Kantor Kerajaan Thailand, dengan menyebut gelar resmi Sineenat.

Foto-foto dan informasi detail yang dirilis oleh Kerajaan Thailand itu memberikan 'cuplikan' tidak biasa soal kehidupan pribadi anggota kerajaan, yang selama ini dilindungi oleh Undang-undangan Anti-penghinaan Kerajaan yang memiliki ancaman hukuman maksimum 15 tahun penjara.

Dalam foto-foto yang dirilis, Sineenat yang berambut pendek ini terlihat memakai seragam kamuflase, kemudian saat ikut dalam latihan militer, lalu saat menerbangkan sebuah pesawat ringan dan saat tertawa bersama Raja Vajiralongkorn dengan keduanya memakai pakaian kasual.


Dalam salah satu foto, Sineenat tampak memakai pakaian tradisional Thailand dan berdiri di sebelah Raja Vajiralongkorn. Keduanya tampak bergandengan tangan dalam foto ini.

Sineenat yang lahir di Provinsi Nan ini diketahui lulus dari Akademi Perawat Militer Kerajaan Thailand. Dia juga terlatih sebagai seorang pilot di Thailand dan luar negeri. Sineenat pun pernah bertugas pada unit pengawal kerajaan yang secara khusus mengawal Raja Thailand. Pada Mei lalu, dia mencapai pangkat Mayor Jenderal.

Saat Raja Vajiralongkorn dinobatkan menjadi Raja Thailand pada Mei lalu, Sineenat tampak hadir. Penobatan itu digelar beberapa hari setelah Raja Vajiralongkorn menikahi Ratu Suthida Vajiralongkorn na Ayudhya. Ratu Suthida yang merupakan istri resmi Raja Vajiralongkorn ini, diketahui merupakan mantan pramugari dan pernah bertugas sebagai Wakil Komandan pada unit pengawal kerajaan.

Ratu Suthida merupakan istri keempat Raja Vajiralongkorn. Dari tiga pernikahan sebelumnya yang telah berakhir, Raja Vajiralongkorn memiliki tujuh anak.


(nvc/ita)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com