detikNews
Selasa 27 Agustus 2019, 03:08 WIB

Presiden Lebanon Sebut Serangan Drone Israel Sebagai Deklarasi Perang

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Presiden Lebanon Sebut Serangan Drone Israel Sebagai Deklarasi Perang Kelompok Hizbullah klaim pesawat tanpa awak Israel jatuh di selatan Beirut (Foto: BBC World)
Beirut - Presiden Lebanon Michel Aoun angkat bicara soal serangan pesawat tanpa awak atau drone Israel ke wilayah Beirut, Lebanon. Aoun menyebut tindakan Israel itu sebagai bentuk deklarasi perang.

"Apa yang terjadi adalah deklarasi perang," kata Michel Aoun kepada koordinator khusus PBB untuk Lebanon, Jan Kubis, seperti dilansir Al-Jazeera, Selasa (27/8/2019).

Dalam pernyataan yang disampaikan lewat kantor kepresidenan, Aoun mengatakan militer Lebanon berpeluang mengambil langkah tegas untuk merespons serangan Israel itu.

"Ini memungkinkan kami untuk menggunakan hak kami untuk mempertahankan kedaulatan, kemerdekaan dan integritas teritorial kami," ujarnya.

Perdana Menteri Lebanon Saad Hariri juga menyikapi serangan itu dengan menyebutnya sebagai pelanggaran terang-terangan. Meski begitu, negara itu tetap menghindari meningkatnya ketegangan dengan Israel.

"Pemerintah Lebanon melihat cara terbaik untuk menghindari situasi ke arah eskalasi berbahaya, tetapi ini menuntut masyarakat internasional untuk menegaskan penolakannya atas pelanggaran terang-terangan ini," ujar Hariri.



Sebelumnya, sebuah pesawat tanpa awak Israel jatuh di pinggiran wilayah selatan ibu kota Lebanon, Beirut, yang didominasi kelompok Hizbullah, Minggu (25/08) pagi.

Adapun satu pesawat tanpa awak lainnya meledak tidak jauh dari kawasan tersebut, kata seorang pimpinan Hizbullah. Insiden ini merupakan yang pertama dalam satu dekade terakhir, seperti dilaporkan Kantor berita Reuters.

"Ada dua pesawat tanpa awak - yang pertama jatuh dan yang kedua meledak," kata seorang pejabat Hizbullah kepada AFP, tanpa bersedia menyebut identitasnya.



Tonton video Senyum Tentara Israel & Hancurnya Rumah Warga Palestina:

[Gambas:Video 20detik]


(abw/knv)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com