detikNews
Jumat 09 Agustus 2019, 13:31 WIB

Houthi Kembali Lancarkan 2 Serangan Drone ke Bandara Arab Saudi

Novi Christiastuti - detikNews
Houthi Kembali Lancarkan 2 Serangan Drone ke Bandara Arab Saudi Ilustrasi -- Bandara Abha di Arab Sudi dijaga aparat keamanan (REUTERS/Faisal al Nasser)
Riyadh - Kelompok pemberontak Houthi di Yaman kembali melancarkan dua serangan drone ke sebuah bandara di wilayah Arab Saudi bagian selatan. Otoritas Saudi menyebut salah satu serangan drone berhasil digagalkan.

Seperti dilansir Reuters dan Al Jazeera, Jumat (9/8/2019), juru bicara kelompok Houthi menyebut dua serangan drone itu dilancarkan pada Kamis (8/8) waktu setempat

Juru bicara koalisi pimpinan Saudi dalam melawan Houthi di Yaman, pada Jumat (9/8) waktu setempat, menyatakan satu drone yang diterbangkan Houthi dan ditargetkan ke Bandara Abha, berhasil dicegat dan ditembak jatuh. Saudi tidak membahas lebih lanjut soal serangan drone lainnya.


Sebelumnya laporan Al Masirah TV, sayap media Houthi, dengan mengutip juru bicara militer Houthi, Yahya Saria, menyatakan serangan yang dilancarkan ke Bandara Abha menargetkan menara pemantau dan sejumlah titik strategis lainnya di dalam kompleks bandara. Saria juga menyebut lalu lintas udara di sekitar Bandara Abha terganggu akibat serangan drone Houthi.

Dalam keterangan seperti dilansir media Iran, Press TV, Saria menyebut serangan-serangan drone itu sebagai tanggapan atas 'kejahatan agresi dan pengepungan terhadap warga Yaman'.

Houthi yang didukung Iran dan masih menguasai ibu kota Sanaa di Yaman ini, terus meningkatkan serangan terhadap target-target di wilayah Saudi. Sebagai balasannya, koalisi pimpinan Saudi -- yang melancarkan operasi militer sejak Maret 2015 -- menargetkan posisi-posisi Houthi di Yaman.


Awal pekan ini, sejumlah serangan drone Houthi dilancarkan menargetkan bandara-bandara sipil di Abha dan Najran, juga terhadap pangkalan udara King Khaled di Khamis Mushait, Saudi. Serangan Houthi itu dilancarkan beberapa hari setelah Houthi menyerang kamp pelatihan militer di dekat kota Aden, yang masih dikuasai pemerintah Yaman.



Tonton video Iran Klaim Tembak Jatuh Drone Mata-mata AS:

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/fdn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com