detikNews
Senin 05 Agustus 2019, 14:17 WIB

Mogok Massal, Lebih dari 200 Penerbangan di Hong Kong Dibatalkan

Rita Uli Hutapea - detikNews
Mogok Massal, Lebih dari 200 Penerbangan di Hong Kong Dibatalkan Foto: Ilustrasi pesawat (iStock)
Hong Kong - Lebih dari 200 penerbangan di Hong Kong telah dibatalkan hari ini seiring para demonstran memulai aksi mogok massal.

Otoritas Bandara menyatakan seperti dilansir media The Star, Senin (5/8/2019), sebanyak 209 penerbangan telah dibatalkan di bandara Hong Kong pada pukul 08.15 waktu setempat, dan 10 penerbangan dibatalkan untuk Selasa (6/8) besok.


Juru bicara bandara menolak menjelaskan lebih rinci mengenai alasan pembatalan penerbangan tersebut. Namun dikatakannya, para penumpang harus memastikan apakah penerbangan mereka sesuai jadwal.

"Otoritas Bandara mengimbau para penumpang untuk menghubungi maskapai mereka untuk mendapatkan informasi penerbangan terbaru, dan agar berangkat ke bandara hanya jika kursi dan waktu penerbangan mereka telah terkonfirmasi," demikian disampaikan pihak bandar dalam sebuah statemen.

Selain penerbangan, sejumlah layanan kereta api juga telah dihentikan sementara.



Sebelumnya dilaporkan, para demonstran telah bertekad untuk melumpuhkan Hong Kong dengan aksi mogok besar-besaran pada hari ini, Senin (5/8). Sejumlah penggerak massa mengatakan bahwa selama akhir pekan lalu, setidaknya 14 ribu orang sudah menyatakan kesiapan untuk ikut serta dalam aksi sipil pada hari ini.

Ribuan orang itu berasal dari sekitar 20 sektor, mulai dari pegawai negeri sipil hingga pekerja swasta, seperti pramugari, pilot, sopir bus, bahkan staf Disneyland. Mereka semua disebut sudah berencana melakukan mogok kerja atau izin tidak masuk demi mengikuti aksi-aksi demo, yang rencananya akan digelar di tujuh lokasi.


(ita/ita)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com