detikNews
Rabu 31 Juli 2019, 18:45 WIB

18 Tahun Diburu, Penjahat Most Wanted Israel Ditangkap di Meksiko

Rita Uli Hutapea - detikNews
18 Tahun Diburu, Penjahat Most Wanted Israel Ditangkap di Meksiko Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Mexico City - Salah satu penjahat paling dicari dalam sejarah Israel, telah berhasil ditangkap di Meksiko. Penangkapan ini terjadi setelah penjahat most wanted itu diburu selama 18 tahun sejak kabur dari penjara.

Erez Akrishevski (57) dinyatakan bersalah pada tahun 1998 atas percobaan pembunuhan seorang ayah dan putranya. Namun dia berhasil kabur dari penjara pada tahun 2001. Pria itu kemudian ditangkap di Argentina pada tahun 2004, namun lagi-lagi dia kabur saat mendapat pembebasan dengan jaminan.


"Dia diyakini telah bepergian ke seluruh Amerika selama satu dekade berikutnya, seringnya ke Meksiko, dan diduga terkait dengan aktivitas kriminal dan figur-figur kejahatan terorganisir Israel," demikian disampaikan Interpol yang berbasis di Lyon, Prancis dalam sebuah statemen seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (31/7/2019).

Awal tahun ini, pejabat-pejabat Israel dan Meksiko meningkatkan upaya-upaya mereka untuk menangkap Akrishevski dengan bantuan otoritas AS, yang berhasil melacaknya hingga ke Meksiko.


Interpol tidak menyebutkan kapan dan di mana persisnya dia ditangkap. Namun media-media Meksiko melaporkan bahwa dia ditangkap bulan ini di negara bagian Quintana Roo.

Saat ini dia telah dipulangkan ke Israel untuk menyelesaikan sisa masa hukuman penjara 18 tahun yang dijatuhkan padanya.


18 Tahun Diburu, Penjahat Most Wanted Israel Ditangkap di Meksiko

(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com