detikNews
Sabtu 27 Juli 2019, 11:20 WIB

Pria Palestina Berumur 23 Tahun Tewas Akibat Tembakan Israel di Gaza

Rita Uli Hutapea - detikNews
Pria Palestina Berumur 23 Tahun Tewas Akibat Tembakan Israel di Gaza tentara-tentara Israel (Foto: Amir Cohen/Reuters)
Gaza - Seorang warga Palestina tewas akibat tembakan pasukan Israel dalam bentrokan saat aksi demo di perbatasan Gaza.

Kementerian Kesehatan di Gaza menyatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (27/7/2019), pria Palestina bernama Ahmed Qura meninggal karena "luka-luka yang dialaminya akibat tembakan pasukan pendudukan Israel."

Kementerian menyebutkan, pria berumur 23 tahun itu terkena tembakan di bagian perut saat aksi demo di sepanjang pagar perbatasan di sebelah timur Khan Yunis, di Gaza selatan pada Jumat (26/7) waktu setempat.


Dalam pernyataan terpisah, Kementerian Kesehatan Gaza menyebutkan bahwa sedikitnya 38 warga Palestina terluka dalam bentrokan saat aksi demo di perbatasan Gaza tersebut. Para korban disebutkan terluka akibat terkena tembakan tentara-tentara Israel.

Aksi-aksi demo warga Palestina telah digelar tiap pekan sejak Maret 2018 lalu. Aksi demo yang diberi nama "Pawai Akbar Kepulangan" ini dimulai pada 30 Maret 2018, untuk mengenang pembunuhan enam pengunjuk rasa oleh aparat keamanan Israel pada saat protes penyitaan tanah pada tahun 1976 lalu.

Dalam aksi tersebut, warga Palestina menuntut hak mereka untuk kembali ke kampung halaman mereka setelah pada tahun 1948 sekitar 700.000 warga Palestina diusir atau mengungsi akibat perang yang mendorong berdirinya negara Israel.


Selama berlangsung lebih dari satu tahun ini, setidaknya 296 warga Palestina telah tewas dalam aksi-aksi demo tersebut. Mereka sebagian besar tewas akibat tembakan pasukan Israel saat bentrokan dalam aksi-aksi demo itu.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com