detikNews
Sabtu 13 Juli 2019, 17:28 WIB

Turis Belanda Tewas Akibat Banjir Bandang di Gua Populer Malaysia

Rita Uli Hutapea - detikNews
Turis Belanda Tewas Akibat Banjir Bandang di Gua Populer Malaysia Taman Nasional Mulu (Foto: Facebook)
Kuala Lumpur - Seorang turis Belanda tewas akibat banjir bandang yang melanda sebuah gua populer di kawasan Taman Nasional Mulu di Malaysia. Seorang pemandu wisata belum ditemukan.

Kepala pemadam kebakaran setempat, Law Poh Kiong mengidentifikasi turis yang tewas tersebut sebagai Peter Hans Hovenkamp (66) asal Utrecht, Belanda.

"Dia meninggal karena tenggelam setelah banjir bandang di gua. Jasadnya ditemukan di sebuah sungai di dalam gua dan dibawa ke rumah sakit umum Miri untuk post-mortem pada Sabtu," ujar Law seperti dikutip kantor berita AFP, Sabtu (13/7/2019).


Law mengatakan, seorang pemandu wisata lokal, Roviezal Robin, belum ditemukan usai banjir bandang tersebut. Operasi pencarian untuk menemukan pria berumur 20 tahun itu masih dilakukan dengan melibatkan 16 petugas.

Law menambahkan, delapan turis lainnya yang berasal dari kelompok yang sama nyaris menjadi korban, namun mereka pergi ke tempat yang lebih tinggi sehingga tidak terseret banjir ke sungai.


Sebelumnya, Hovenkamp dan Robin dilaporkan hilang pada Jumat (12/7) sore saat banjir bandang yang terjadi saat kelompok turis tersebut tengah melakukan tur ke gua populer "Deer Cave", rumah bagi sekitar tiga juta kelelawar yang membentuk pola menakjubkan di langit ketika mereka pergi kala senja.

Taman Nasional Mulu yang berlokasi di kawasan hutan terpencil di negeri bagian Sarawak, terkenal akan gua, tebing dan ngarainya. Taman nasional ini merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Simak Video "Ngeri! 2 Bocah bak Superman di Atas Mobil yang Melaju Kencang"
[Gambas:Video 20detik]

(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com