detikNews
Jumat 12 Juli 2019, 13:43 WIB

Trump Tunjuk Eks Utusan untuk Korut Jadi Dubes AS di Indonesia

Novi Christiastuti - detikNews
Trump Tunjuk Eks Utusan untuk Korut Jadi Dubes AS di Indonesia Sung Kim (United States Department of State)
Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menunjuk seorang mantan utusan AS untuk Korea Utara (Korut), Sung Kim, menjadi Duta Besar (Dubes) AS untuk Indonesia. Penunjukan ini masih harus mendapat persetujuan Senat AS.

Seperti dilaporkan kantor berita Korea Selatan (Korsel), Yonhap News Agency, Jumat (12/7/2019), penunjukan Sung Kim oleh Trump untuk mengisi posisi Dubes AS untuk Indonesia ini diumumkan oleh Gedung Putih AS.

Sung Kim sendiri saat ini menjabat sebagai Dubes AS untuk Filipina. Dia ditugaskan di Filipina sejak tahun 2016. Sebelum itu, Sung Kim menjabat sebagai Utusan Khusus AS untuk Kebijakan Korut, antara tahun 2014-2016.


Kemudian tahun 2011-2014 saat era pemerintahan Presiden Barack Obama, Sung Kim yang keturunan Korea dan lahir di Seoul ini menjabat Dubes AS untuk Korsel.

Selain pernah menjadi Utusan Khusus AS untuk Kebijakan Korut, Sung Kim juga menjadi kepala perunding untuk program senjata nuklir Korut.

Dengan jabatan yang pernah dipegangnya, Sung Kim juga ikut memimpin persiapan tingkat kerja untuk pertemuan bersejarah pertama antara Trump dan pemimpin Korut, Kim Jong-Un, di Singapura pada Juni 2018 lalu.


Karier Sung Kim sebagai diplomat AS sudah sangat veteran. Dia sebelumnya juga diketahui pernah bertugas untuk misi diplomatik AS di Jepang dan Malaysia.

Penunjukan Sung Kim sebagai Dubes AS untuk Indonesia masih menunggu konfirmasi dari Senat AS.


Blokir Followers, Trump Terbukti Langgar Konstitusi AS:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Soal Perdagangan dengan China, Trump: AS Harus Untung"
[Gambas:Video 20detik]

(nvc/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed