detikNews
Kamis 04 Juli 2019, 17:44 WIB

Bendungan Jebol Akibat Hujan Deras, 13 Orang Tewas di India

Novi Christiastuti - detikNews
Bendungan Jebol Akibat Hujan Deras, 13 Orang Tewas di India Kerusakan akibat bendungan jebol di India (STR/AFP)
New Delhi - Otoritas India menemukan 13 jasad yang menjadi korban bendungan jebol saat musim penghujan parah yang memicu kekacauan di Mumbai. Belasan orang lainnya masih dilaporkan menghilang.

Seperti dilansir AFP, Kamis (4/7/2019), insiden ini terjadi saat India sedang dilanda musim penghujan paling parah dalam satu dekade terakhir. Otoritas setempat dan petugas penyelamat menyebut bahwa sekitar 11 orang lainnya tidak diketahui keberadaannya.


Bendungan yang ada di wilayah Ratnagiri yang berlokasi di area berjarak 275 kilometer sebelah selatan Mumbai, ini jebol pada Rabu (3/7) waktu setempat. Air dari bendungan ini menggenangi tujuh desa di sekitarnya.

"Kami telah memulai operasi penyelamatan untuk hari kedua dan menemukan 13 jenazah. Kami masih berupaya mencari korban lainnya," tegas juru bicara Pasukan Cepat Tanggap Bencana Nasional, Alok Awasthy, kepada AFP.

Di Mumbai, hujan deras juga memicu robohnya sebuah tembok di kawasan kumuh pada Selasa (2/7) waktu setempat. Korban tewas akibat insiden tembok roboh ini dilaporkan bertambah menjadi 26 orang sejauh ini.


Insiden lainnya terjadi di kota Pune yang juga melibatkan sebuah tembok yang roboh. Enam orang yang merupakan pekerja konstruksi, tewas dalam insiden ini.

Gedung ambruk dan bendungan jebol cukup sering terjadi saat musim penghujan di India. Kebanyakan insiden semacam itu terjadi karena struktur bangunan yang buruk yang melemah saat hujan terus mengguyur tanpa henti.

Awal pekan ini, hujan deras yang terus mengguyur kota Mumbai memicu kekacauan lalu lintas karena banjir menggenangi ruas jalanan dan jalur kereta api. Bahkan landasan utama Bandara Mumbai terpaksa ditutup akibat genangan air. Bandara Mumbai yang merupakan bandara tersibuk kedua di India terpaksa membatalkan 75 penerbangan pada Rabu (3/7) waktu setempat dan lebih dari 100 penerbangan pada Selasa (2/7) lalu.

Kerusakan akibat bendungan jebol di IndiaKerusakan akibat bendungan jebol di India Foto: STR/AFP


Simak Video "Kapal Wisata Terbalik di India, 12 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]

(nvc/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com