detikNews
Kamis 30 Mei 2019, 12:08 WIB

Duh! Pengawal Tak Sengaja Lepas Tembakan di Pesawat PM Ceko

Novi Christiastuti - detikNews
Duh! Pengawal Tak Sengaja Lepas Tembakan di Pesawat PM Ceko Ilustrasi (Thinkstock)
Praha - Seorang pengawal tidak sengaja melepas tembakan di dalam pesawat yang membawa Perdana Menteri (PM) Ceko, Andrej Babis. Kok bisa?

Seperti dilansir AFP, Kamis (30/5/2019), insiden ini terjadi PM Babis baru saja menghadiri makan malam dengan Uni Eropa di Brussels, Belgia. Untungnya, tidak ada korban luka dalam insiden yang terjadi pada Selasa (28/5) malam waktu setempat ini.

"Kami bisa mengonfirmasikan sebuah tembakan tak disengaja saat pemeriksaan senjata di dalam sebuah pesawat pemerintah," sebut juru bicara Kepolisian Nasional Ceko, Lenka Sikorova, kepada AFP.

"Insiden ini terjadi di area terpisah. Tidak ada satu pun yang dalam bahaya," imbuh Sikorova.


Dalam pernyataan terpisah, seorang juru bicara PM Babis, Jana Adamcova, menuturkan kepada AFP bahwa 'sesuatu seperti itu terjadi' merujuk pada tembakan tak disengaja. Namun, dia menolak untuk menjelaskan lebih lanjut.

Laporan media lokal Ceko menyebut pengawal yang tidak disebut namanya itu, sedang berupaya mengosongkan senjata apinya sesaat usai PM Babis naik ke dalam pesawat dan pesawat bersiap lepas landas. Total ada 22 orang di dalam pesawat saat insiden ini terjadi.

Media lokal, Aktualne.cz, melaporkan bahwa akibat insiden ini, pesawat baru lepas sekitar satu jam dari jadwal seharusnya pada Selasa (28/5) waktu setempat. Peluru yang ditembakkan secara tak disengaja itu dilaporkan mengenai kereta makan.


Insiden serupa diketahui pernah terjadi tahun 1994 silam, yang melibatkan pengawal Menteri Pertahanan (Menhan) Ceko saat itu, Antonin Baudys. Dalam kejadian saat itu, si pengawal juga secara tidak sengaja melepas tembakan di dalam penerbangan ke Swiss yang ditumpangi sang Menhan. Tembakan itu mengenai tangki bahan bakar dan tidak ada korban luka.


(nvc/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com