detikNews
Sabtu 25 Mei 2019, 18:56 WIB

Trump Tiba di Jepang untuk Hadiri Pertemuan Sumo Bersama PM Abe

Novi Christiastuti - detikNews
Trump Tiba di Jepang untuk Hadiri Pertemuan Sumo Bersama PM Abe Donald Trump dan Melania saat tiba di Jepang (Koji Sasahara/Pool via Reuters)
Tokyo - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tiba di Jepang dalam rangka kunjungan kenegaraan selama 4 hari ke depan. Kedatangan Trump selain membahas agenda perdagangan dan bertemu Kaisar Naruhito yang baru naik takhta, juga untuk menghadiri pertemuan sumo. Apa itu?

Seperti dilansir AFP, Sabtu (25/5/2019), pesawat kepresidenan AS, Air Force One, yang ditumpangi Trump dan istrinya, Melania, mendarat di Tokyo pada Sabtu (25/5) sore waktu setempat. Trump tampak tersenyum saat menuruni tangga pesawat bersama Melania. Dia disambut oleh Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono.

Beberapa saat usai mendarat di Tokyo, Trump langsung bertemu dengan para pengusaha Jepang untuk membahas hubungan perdagangan.


Salah satu agenda penting dalam kunjungan kenegaraan Trump ke Jepang kali ini adalah pertemuan dengan Kaisar Naruhito pada Senin (27/5) mendatang. Awal bulan ini, Kaisar Naruhito naik takhta menggantikan ayahnya, Kaisar Akihito, yang turun takhta karena masalah kesehatan.

"Bersama dengan negara-negara dunia, saya menjadi tamu kehormatan dalam acara terbesar mereka dalam 200 tahun terakhir," ucap Trump merujuk pada rencana pertemuannya dengan Kaisar Naruhito.

Namun, agenda yang paling menjadi sorotan adalah kehadiran Trump dalam final turnamen sumo atau 'basho' musim panas pada Minggu (26/5). Trump sekiranya akan menyerahkan hadiah utama kepada pesumo yang memenangkan turnamen tersebut.


Kehadiran Trump ke area turnamen sumo yang disakralkan ini telah memicu mimpi buruk logistik, keamanan dan protokoler kepresidenan.

Pertanyaan muncul mulai dari bagaimana dan di mana Trump duduk, karena diketahui para pesumo juga penonton turnamen harus duduk bersila di lantai. Kemudian juga soal bagaimana dia harus dilindungi saat para penonton mulai melemparkan bantal duduk ke arena pertandingan -- yang menjadi tradisi saat sang pesumo juara bertahan atau yokozuna terjatuh saat bertanding berlangsung.

Sebelum menghadiri turnamen sumo itu, Trump akan terlebih dulu bermain golf bersama Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang selama ini dikenal sebagai golf buddy-nya. Usai menghadiri turnamen sumo, Trump dan PM Abe akan bergabung bersama istri masing-masing untuk makan bersama di sebuah restoran di distrik hiburan Roppongi, Tokyo.


Kunjungan Trump ke Jepang ini dilakukan setelah PM Abe baru saja mengunjungi Washington DC, AS beberapa waktu lalu. Trump menyebut hubungan antara AS dan Jepang 'tidak pernah lebih erat, tidak pernah lebih kuat, tidak pernah lebih akrab'.

"Ini menjadi waktu yang menyenangkan untuk perdagangan antara kedua negara yang kita cintai," ucap Trump.


(nvc/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed