detikNews
Rabu 03 April 2019, 04:10 WIB

Partai Erdogan Protes Hasil Pilkada di Istanbul

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Partai Erdogan Protes Hasil Pilkada di Istanbul Foto: dok. Reuters
Istanbul - Partai Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, aliansi Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) keberatan atas hasil pemilihan kepala daerah di Istanbul. Mereka telah melayangkan banding atas kekalahan di wilayah itu.

"Pada pukul 15.00 WIB hari ini, kami telah mengajukan semua permohonan kami ke dewan pemilihan distrik," kata pimpinan AKB Istanbul, Bayram Senocak, seperti dilansir Reuters, Selasa (2/4/2019).



Bayram mengatakan ketidakberaturan penghitungan suara terjadi dalam pilkada di Istanbul. Meski begitu AKP berjanji akan mematuhi hukum dalam protes tersebut.

"Apa pun tindakakan pejabat dan untuk alasan apa pun, kami akan mengikuti langkah-langkah hukum yang diperlukan," ujarnya.

Partai politik pimpinan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengalami kekalahan di ibu kota Ankara dalam pemilihan umum kepala daerah. Meski begitu secara nasional, AKP telah memenangi lebih dari 51% suara dalam pilkada ini.



Namun, di kota terbesar Turki, Istanbul, baik Partai AK maupun kubu oposisi sebelumnya sama-sama mengklaim berhasil merebut suara mayoritas.

Erdogan mengatakan pemilu daerah adalah soal 'kelangsungan hidup' Turki dan Partai AK. Pilkada ini berlangsung di tengah kelesuan ekonomi dan dianggap sebagai referendum atas kepemimpinan Erdogan. Lebih dari 57 juta orang di Turki terdaftar sebagai pemilih untuk memilih wali kota dan anggota dewan.


Saksikan juga video 'Erdogan: PM New Zealand Jadi Contoh Pemimpin Dunia':

[Gambas:Video 20detik]


Partai Erdogan Protes Hasil Pilkada di Istanbul




(abw/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com