DetikNews
Jumat 22 Maret 2019, 04:04 WIB

Ledakan di Afghanistan: 6 Orang Tewas, 23 Luka-luka

Indra Komara - detikNews
Ledakan di Afghanistan: 6 Orang Tewas, 23 Luka-luka Seorang pria membersihkan serpihan kaca pasca ledakan. (Foto: REUTERS/Parwiz)
Kabul - Terjadi ledakan di Kabul, Afghanistan. Ledakan ini mengakibatkan 6 orang tewas dan 23 orang mengalami luka-luka.

Dilansir AFP, ledakan di Kabul terjadi pada Kamis (21/3) saat perayaan Tahun Baru Persia di daerah Syiah, di ibukota Afghanistan.

"Dua puluh tiga orang terluka dan enam orang mati syahid dalam ledakan hari ini di Kabul," kata juru bicara kementerian kesehatan Wahidullah Mayar kepada AFP, dengan kementerian dalam negeri mengkonfirmasikan jumlah korban, Jumat (22/3/2019).



Ledakan itu terjadi di dekat Universitas Kabul dan kuil Karte Sakhi, tempat banyak warga Afghanistan berkumpul setiap tahun untuk perayaan Nowruz,

"Ketika kita merayakan hari baik ini untuk mengikat kita bersama sesama warga kita menyaksikan hari yang menghancurkan dalam #Kabul," tulis Presiden Ashraf Ghani dalam akun Twitter.

"Kami kehilangan warga yang damai karena musuh pengecut yang tidak mengenal batas," sambungnya.



Kepolisian setempat mengatakan ada 3 ledakan terjadi yang dikendalikan dari jarak jauh. Ledakan terjadi di ruang wudhu, di belakang rumah sakit, dan di tempat pengukuran listrik.

Juru bicara kepolisian Kabul Basir Mujahid mengatakan, berhasil menjinakkan perangkat ledak di dekat Kabul University. Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan Nasrat Rahimi mengatakan, polisi telah menemukan dan menjinakkan 20 perangkat peledak lainnya di Herat, Balkh dan Kabul pada hari Kamis (21/3).
(idn/dwia)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed