DetikNews
Sabtu 23 Februari 2019, 03:18 WIB

2 Putra El Chapo Didakwa Selundupkan Narkoba ke AS

Eva Safitri - detikNews
2 Putra El Chapo Didakwa Selundupkan Narkoba ke AS Gedung Departemen Kehakiman AS (Foto: Reuters)
Washington DC - Amerika Serikat (AS) menjatuhkan dakwaan terhadap dua putra gembong narkoba asal Meksiko Guzmán 'El Chapo' Loera atas kasus narkotika. Joaquin Guzmán Lopez (34) dan Ovidio Guzmán Lopez (28) didakwa menyelundupkan narkoba ke AS.

Dilansir dari CNN, Sabtu (23/2/2019), dakwaan tersebut disampaikan pada Kamis (21/2) waktu setempat. Joaquin dan Ovidio diyakini masih berdomisili di Meksiko.


Dari April 2008 hingga April 2018, Guzman Lopez bersaudara bersekongkol mendistribusikan kokain, ganja, dan metamfetamin dari Meksiko dan tempat-tempat lain untuk diimpor ke AS.

Belum diketahui secara jelas apakah keduanya memiliki izin untuk mendistribusikan obat-obatan tersebut. Pihak CNN masih berupaya menghubungi pihak keluarga Guzman.


El Chapo (61) sendiri pernah memimpin gembong kriminal yang membentang di seluruh benua dan memicu pertumpahan darah di seluruh Meksiko.

Dia dinyatakan bersalah awal bulan ini atas semua 10 tuntutan terhadapnya, termasuk terlibat dalam usaha kriminal yang berkelanjutan, distribusi internasional kokain, heroin, ganja dan obat-obatan lainnya, dan penggunaan senjata api.

Keyakinannya atas tuduhan utama terlibat dalam perusahaan kriminal yang berkelanjutan membawa hukuman seumur hidup di penjara. Dia akan dihukum pada 25 Juni.
(dkp/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed