detikNews
Kamis 21 Februari 2019, 18:13 WIB

Biarawati Senior Polandia Buka Suara Soal Pastor Lecehkan Biarawati

Novi Christiastuti - detikNews
Biarawati Senior Polandia Buka Suara Soal Pastor Lecehkan Biarawati Ilustrasi (BBC Magazine)
Warsawa - Seorang biarawati senior di Polandia untuk pertama kalinya buka suara soal para pastor yang melakukan pelecehan seksual terhadap para biarawati di lingkungan gereja. Menurut biarawati senior, praktik semacam itu sudah terjadi sejak lama.

Seperti dilansir AFP, Kamis (21/2/2019), biarawati senior bernama Joanna Olech ini menjabat sebagai Mother Superior atau Ibu Superior yang merupakan kepala komunitas keagamaan khusus wanita. Olech pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Ordo Keagamaan Wanita di Polandia tahun 1995-2008.

Komentar Olech itu disampaikan setelah awal bulan ini, Paus Fransiskus mengakui adanya pastor yang menjadikan para biarawati sebagai 'budak seks' dan mungkin masih terus terjadi hingga sekarang.

"Persoalan kekerasan seksual yang dilakukan para pastor terhadap biarawati juga ada di Polandia sejak lama," ungkap Olech dalam wawancara dengan kantor berita KAI Catholic News Agency.


Olech lantas mengungkapkan salah satu kasus yang dia ketahui. "Seorang biarawati muda yang hamil, dipaksa meninggalkan ordonya, tapi bapak dari anak itu masih menjadi pastor dan jelas tidak merasakan konsekuensi atas tindakannya," sebutnya.

"Kasus-kasus ini tidak pernah diungkap ke publik," imbuh Olech, sembari menyatakan bahwa kasus ini terlebih dulu dilaporkan kepada atasan sang pastor yang melakukan kekerasan seksual.

Ditambahkan Olech bahwa skala tindak kekerasan seksual di Polanda tidak jelas karena 'tidak pernah ada kajian yang dilakukan sebelumnya'.


Olech yang sudah 50 tahun mengabdi pada ordo keagamaan ini menyatakan bahwa para biarawati yang menjadi korban kekerasan seksual oleh para pastor tidak memiliki tempat mengadu. Namun dia juga bersikeras menyatakan bahwa 'era saat masalah seperti ini disembunyikan telah mendekati akhir'.

"Waktu telah berubah, mungkin generasi baru para biarawati akan menghadapi isu ini dengan cara berbeda," imbuhnya.

Menurut data Institut Statistik Gereja Katolik Polandia, sekitar 18 ribu biarawati bertugas di sekitar 100 ordo keagamaan wanita di Polandia hingga tahun 2016.


Pekan ini, para Uskup dari berbagai negara berkumpul di Vatikan untuk menghadiri pertemuan puncak untuk menangkal mengatasi skandal pelecehan seks anak yang menyelimuti Gereja Katolik secara global. Pertemuan itu dicetuskan oleh Paus Fransiskus.

Keuskupan Polandia bersikeras menyatakan pihaknya memiliki 'nol toleransi' untuk tindak kriminal semacam itu. Pihak Keuskupan Polandia juga bersumpah untuk mempublikasikan jumlah anak yang menjadi korban pelecehan seks oleh pastor dengan periode mulai tahun 1989 saat komunisme runtuh.


(nvc/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com