detikNews
Jumat 15 Februari 2019, 10:59 WIB

Israel Tangkap Lebih dari 500 Warga Palestina Selama Januari

Rita Uli Hutapea - detikNews
Israel Tangkap Lebih dari 500 Warga Palestina Selama Januari Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Tepi Barat - Pasukan Israel dilaporkan telah menangkap lebih dari 500 warga Palestina selama bulan Januari 2019. Mereka yang ditahan termasuk puluhan anak-anak dan perempuan.

Tiga kelompok advokasi menyatakan, penangkapan itu dilakukan di wilayah Yerusalem timur, Tepi Barat dan Jalur Gaza. Tiga kelompok tersebut terdiri dari kelompok Masyarakat Tahanan Palestina, komite urusan tahanan dan eks tahanan serta kelompok hak-hak tahanan Addameer.

Dalam statemen ketiga kelompok tersebut seperti dilaporkan kantor berita Ma'an dan dilansir Press TV, Jumat (15/2/2018), disebutkan bahwa pasukan Israel telah menangkap setidaknya 509 warga Palestina, termasuk 89 anak-anak dan 8 wanita dalam rentetan operasi penyerbuan pada Januari lalu.


Mereka yang ditangkap termasuk 102 warga Palestina dari Yerusalem Timur, 88 orang dari kota Ramallah, 80 dari kota Hebron, 55 orang dari Jenin, 62 orang dari Bethlehem, 30 orang dari Nablus, 30 orang dari Tulkarm, 25 orang dari Qalqilya, 8 orang dari Toubas, 6 orang dari Salfit, 10 orang dari Jericho dan 10 orang dari Jalur Gaza.

Disebutkan kelompok-kelompok tersebut, otoritas Israel telah menggencarkan operasi penangkapan terhadap anggota keluarga Palestina yang dituduh telah menyerang para pemukim Yahudi.


Lebih dari 7 ribu warga Palestina dilaporkan mendekam di penjara-penjara Israel saat ini. Ratusan tahanan di antaranya ditahan menurut praktik penahanan administratif, sebuah kebijakan di mana para tahanan Palestina mendekam di fasilitas penahanan Israel tanpa adanya persidangan ataupun dakwaan.

Sejumlah tahanan Palestina bahkan telah berada dalam penahanan administratif hingga 11 tahun lamanya. Para tahanan Palestina kerap melakukan aksi mogok makan untuk memprotes kebijakan penahanan administratif tersebut serta buruknya kondisi di penjara-penjara Israel.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com