DetikNews
Kamis 07 Februari 2019, 20:33 WIB

Ada Ancaman Bom, Norwegian Air Terpaksa Terbang Kembali ke Stockholm

Novi Christiastuti - detikNews
Ada Ancaman Bom, Norwegian Air Terpaksa Terbang Kembali ke Stockholm Ilustrasi (Thinkstock)
Stockholm - Sebuah pesawat maskapai Norwegian Air Shuttle yang terbang menuju Nice, Prancis dilanda ancaman bom saat di udara. Akibatnya, pesawat terpaksa kembali ke Stockholm, Swedia dan mendarat darurat.

Seperti dilansir AFP, Kamis (7/2/2019), ancaman bom itu muncul sesaat setelah pesawat lepas landas dari Bandara Arlanda Stockholm pada Kamis (7/2) sekitar pukul 10.09 waktu setempat.

"Norwegian Air bisa mengonfirmasi bahwa ancaman bom dilontarkan terhadap penerbangan nomor DY4321 dari Arlanda menuju ke Nice," demikian pernyataan pihak maskapai Norwegian Air Shuttle tanpa memberi penjelasan lebih lanjut.

Pesawat yang membawa 169 penumpang itu berhasil mendarat dengan selamat di Bandara Arlanda Stockholm pada pukul 11.15 waktu setempat.


Juru bicara Kepolisian Stockholm, Towe Hagg, menuturkan kepada AFP bahwa polisi lokal dan polisi perbatasan juga unit taktis 'bekerja secara aktif di Arlanda untuk mengumpulkan informasi, menindaklanjuti dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan'.

Secara terpisah, seorang penumpang di Bandara Arlanda, Pertti Arnberg, menuturkan kepada surat kabar lokal Expressen bahwa pesawat Norwegian Air Shuttle yang mengalami insiden itu diparkir di ujung landasan dan langsung dikelilingi kendaraan darurat begitu mendarat.

Pusat Koordinasi Penyelamatan Gabungan Swedia yang bertugas untuk penyelamatan laut dan udara, menyatakan pihaknya diberitahu soal ancaman bom sekitar 30 menit setelah pesawat itu mengudara. Namun tidak disebut lebih lanjut siapa dan bagaimana ancaman bom itu disampaikan.

Pemeriksaan hingga saat ini masih berlangsung terhadap pesawat jenis Boeing 737 itu.


Salah satu penumpang yang enggan disebut namanya menuturkan kepada Expressen bahwa mereka masih menunggu tangga portabel dipasang untuk bisa turun dari pesawat. Para penumpang masih terus menunggu selama lebih dari 1 jam setelah pesawat mendarat darurat.


(nvc/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed