DetikNews
Selasa 05 Februari 2019, 10:59 WIB

Pasukan Israel Tembak Mati Remaja Palestina Berumur 19 Tahun

Rita Uli Hutapea - detikNews
Pasukan Israel Tembak Mati Remaja Palestina Berumur 19 Tahun Foto: AFP
Tepi Barat - Pasukan Israel menewaskan seorang remaja putra Palestina dan melukai seorang lainnya di wilayah Tepi Barat.

Juru bicara Palang Merah Palestina, Mahmoud al-Saadi mengatakan seperti dilansir media Press TV, Selasa (5/2/2019), pasukan Israel menembak dua remaja pengendara motor yang melintas di pos pemeriksaan Jalamah pada Senin (4/2) waktu setempat.

Kedua remaja Palestina itu sempat dilarikan ke rumah sakit di kota Jenin. Namun nyawa Abdullah Tawalba, remaja berumur 19 tahun, tidak tertolong akibat luka tembakan di bagian kepalanya. Sedangkan rekannya yang tidak disebut namanya, dilaporkan dalam kondisi stabil di rumah sakit.


Militer Israel menyalahkan kedua korban atas atas insiden itu. Militer Israel menyatakan bahwa mereka melepas tembakan ke dua penyerang yang melemparkan alat peledak di dekat pos pemeriksaan tersebut.

Insiden ini terjadi hanya sehari setelah seorang pria muda Palestina meninggal akibat luka-luka yang dialaminya saat aksi demo di sepanjang perbatasan Gaza, kurang dari sepekan lalu. Warga Palestina itu terkena tembakan pasukan Israel saat bentrokan yang mewarnai aksi demo tersebut.

Sebelumnya, pasukan Israel juga menembak mati remaja putri Palestina di wilayah Yerusalem. Gadis berumur 16 tahun itu bermukim di kota al-Ram, timur laut Yerusalem. Kantor berita resmi Palestina, Wafa mengidentifikasi warga Palestina itu sebagai Sama Zuheir Mubarak.

Media-media Israel melaporkan, remaja Palestina itu membawa pisau dan mencoba menikam tentara-tentara Israel yang ditempatkan di pos pemeriksaan al-Zaim, yang berlokasi di antara Yerusalem dan permukiman Maale Adumim pada Rabu (30/1) pagi waktu setempat. Kawasan tersebut ditutup sementara usai insiden tersebut.

Insiden itu terjadi di pos pemeriksaan yang memisahkan Yerusalem dengan Tepi Barat. Gelombang serangan penikaman terhadap warga Israel oleh warga Palestina, khususnya dalam serangan lone-wolf, mulai marak sejak tahun 2015.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +