detikNews
Kamis 31 Januari 2019, 20:20 WIB

Objek Misterius Mirip 'Kantong Sampah' Terdeteksi Melayang di Atas Bumi

Novi Christiastuti - detikNews
Objek Misterius Mirip Kantong Sampah Terdeteksi Melayang di Atas Bumi Ilustrasi (NASA via Getty Images)
London - Sebuah objek tak teridentifikasi di luar angkasa terdeteksi melayang dekat dengan Bumi, namun terkadang menjauh. Objek itu disebut para pakar astronomi mirip dengan 'kantong sampah yang kosong'.

Seperti dilansir The Independent, Kamis (31/1/2019), objek tak teridentifikasi di luar angkasa itu pertama kali terdeteksi oleh teleskop Asteroid Terrestrial-impact Last Alert System (ATLAS) yang ada di Hawaii. Objek itu kemudian diberi nama sebagai A10bMLz.

Dituturkan para pakar astronomi bahwa objek tak teridentifikasi itu diduga memiliki panjang beberapa meter, namun luar biasa ringan.


Dugaan menyebut objek itu kemungkinan potongan material ringan, seperti metallic foil atau kertas timah metalik, yang terlepas dari sebuah roket peluncur. Namun tidak diketahui pasti roket peluncur apa yang tadinya menjadi 'rumah' objek tersebut.

Pada saat ini, objek tersebut dilaporkan berada di orbit elips yang aneh. Terkadang objek itu melayang dekat dengan Bumi -- hingga 600 kilometer dari permukaan Bumi namun terkadang menjauhi Bumi, dalam jarak sekitar 1,4 kali sama jauhnya seperti jarak Bumi ke Bulan.

Temuan objek tak teridentifikasi itu telah dianalisis oleh Northolt Branch Observatories (NBO) yang berbasis di London, Inggris. Analisis NBO mengonfirmasi bahwa objek itu memang sangat ringan namun cukup luas.


Disebutkan NBO dalam analisisnya bahwa karena beratnya yang ringan, objek itu sangat rentan terkena tekanan radiasi dari Matahari. Itu berarti orbit yang dimiliki objek tak teridentifikasi itu berubah-ubah 'secara kacau' pada skala beberapa hari hingga beberapa minggu.

Itu juga berarti, sangat tidak mungkin untuk memprediksi arah gerak objek tersebut.

Para pakar astronomi menyebut objek tak teridentifikasi itu terhempas di luar angkasa mirip seperti sebuah 'kantong sampah kosong' yang tertiup angin. Objek itu bisa saja masuk kembali ke atmosfer Bumi dalam beberapa bulan ke depan, atau mungkin terus melayang di sekitar Bumi.

Diketahui bahwa objek mirip 'kantong sampah kosong' semacam itu pernah terdeteksi sebelumnya di luar angkasa. Namun ini menjadi momen pertama saat objek semacam itu melayang dengan orbit sangat jauh dari Bumi.


(nvc/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed