detikNews
Rabu 23 Januari 2019, 17:05 WIB

2 Wanita Saudi yang Mengambang di Sungai New York Dipastikan Bunuh Diri

Novi Christiastuti - detikNews
2 Wanita Saudi yang Mengambang di Sungai New York Dipastikan Bunuh Diri Rotana Farea (22) dan Tala Farea (16) (NYPD via The Guardian)
New York - Otoritas Amerika Serikat (AS) merilis hasil pemeriksaan medis terhadap dua jasad perempuan Arab Saudi yang ditemukan mengambang di sungai New York. Hasilnya menunjukkan bahwa kedua perempuan itu tewas bunuh diri.

Jenazah kedua perempuan Saudi bersaudara itu ditemukan mengambang di Sungai Hudson, New York pada akhir Oktober lalu. Jenazah keduanya ditemukan dalam keadaan terikat satu sama lain dengan lakban, tepatnya pada bagian pergelangan kaki dan pinggang.

Saat ditemukan, keduanya sama-sama memakai pakaian serba hitam dan mantel dengan bulu di bagian kerahnya. Tidak ditemukan tanda-tanda trauma pada jenazah kedua gadis Saudi itu. Otoritas setempat kemudian mengidentifikasi keduanya sebagai Rotana Farea (22) dan Tala Farea (16).

"Kantor saya menyatakan bahwa kematian Farea bersaudara merupakan dampak dari bunuh diri, yang mana kedua wanita muda ini mengikat diri mereka bersama sebelum terjun ke Sungai Hudson," sebut Kepala Pemeriksa Medis Kota New York, Barbara Sampson, dalam laporannya seperti dilansir AFP, Rabu (23/1/2019).


Setelah jenazah keduanya ditemukan, seorang pejabat kepolisian setempat mengonfirmasi bahwa kakak-beradik itu telah mengajukan suaka. Namun detailnya tidak diungkap ke publik.

Juru bicara Kedutaan Besar Saudi di Washington DC, Fatimah Baeshen, telah mengomentari tragedi dua gadis Saudi ini. Namun Baeshen menyangkal laporan yang menyebut keduanya tengah mencari suaka.

"Laporan-laporan yang menyebut kami memerintahkan siapapun terkait kakak-beradik Saudi, Tala dan Rotana Farea, semoga Tuhan menenangkan jiwa mereka, (yang baru-baru ini tewas secara tragis di NY), untuk meninggalkan AS karena mencari suaka; sepenuhnya tidak benar," tegasnya.

Dua gadis Saudi itu disebut beberapa kali kabur dari rumah keluarga mereka di Virginia, AS. Keduanya sudah keluar dari rumah tersebut sejak akhir tahun 2017.


Menurut juru bicara Kepolisian New York (NYPD) seperti dikutip media-media AS, keduanya ditempatkan di sebuah tempat penampungan namun meninggalkan Virginia sejak Agustus tahun lalu dan pergi ke New York. Di New York, kakak-beradik itu tinggal berpindah-pindah di sejumlah hotel mewah dan menggunakan kartu kredit secara maksimal.

Seorang saksi mata mengaku pernah melihat dua wanita muda itu pada 24 Oktober 2018 di sebuah tempat bermain anak dekat Sungai Hudson. Saat itu keduanya disebut sedang salat. Laporan media-media AS yang mengutip kepolisian setempat menyebut kakak-beradik itu pernah mengindikasikan bahwa mereka lebih baik membahayakan diri mereka sendiri daripada pulang ke Saudi.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com