DetikNews
Sabtu 19 Januari 2019, 17:58 WIB

PRT Indonesia Diperkosa Majikan di Hong Kong

Novi Christiastuti - detikNews
PRT Indonesia Diperkosa Majikan di Hong Kong Ilustrasi (detikcom/Edi Wahyono)
Hong Kong - Seorang pembantu rumah tangga (PRT) asal Indonesia menjadi korban pemerkosaan di Hong Kong. Namun sang PRT memiliki bukti yang sengaja disimpannya untuk membuktikan pemerkosaan yang dilakukan majikannya sendiri.

Seperti dilaporkan South China Morning Post (SCMP) dan dilansir The Star, Sabtu (19/1/2019), kasus pemerkosaan yang dialami PRT yang disebut sebagai X dalam persidangan ini mulai disidangkan di Hong Kong pada Jumat (18/1) waktu setempat.

Diungkapkan jaksa penuntut, Sabrina See, dalam persidangan bahwa korban telah dua kali dicabuli dan dua kali diperkosa oleh majikannya yang bernama Tsang Wai-sun (55). Tsang yang memiliki istri dan putri berusia 12 tahun ini diketahui tidak memiliki pekerjaan alias pengangguran.


Korban yang berusia 27 tahun mulai bekerja di rumah Tsang pada 10 Desember 2017 lalu. Tindak pencabulan dan pemerkosaan terhadap korban, disebutkan jaksa, terjadi sekitar dua pekan setelah korban mulai bekerja.

Tsang telah menyangkal dua dakwaan pemerkosaan dan dua serangan tak senonoh yang dijeratkan terhadapnya.

Namun terungkap dalam hari pertama persidangan bahwa korban ternyata menyimpan bukti berupa air mani Tsang yang ada di celana dalam korban. Celana dalam itu telah menjalani pemeriksaan forensik dan ditemukanlah bukti yang memberatkan Tsang.


Dituturkan jaksa bahwa korban awalnya tidak berniat memberitahu siapapun soal peristiwa yang dialaminya. Namun setelah tindak pemerkosaan yang terjadi pada 19 dan 20 Desember 2017, korban berani menghubungi agennya serta menghubungi Konsulat Indonesia yang kemudian melapor ke polisi setempat.

Tsang akhirnya ditangkap pada 22 Desember 2017 dan persidangan kasus ini baru digelar pada awal tahun ini.


(nvc/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed