DetikNews
Selasa 11 Desember 2018, 20:59 WIB

Khashoggi dan Sekelompok Jurnalis Jadi TIME Person of the Year 2018

Novi Christiastuti - detikNews
Khashoggi dan Sekelompok Jurnalis Jadi TIME Person of the Year 2018 Jamal Khashoggi pada salah satu versi sampul TIME Person of the Year 2018 (TIME via Twitter/@TODAYShow)
Washington DC - Jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi, yang tewas dibunuh dan sekelompok jurnalis dari berbagai negara, secara kolektif ditetapkan sebagai TIME Person of the Year 2018. Ada empat jurnalis termasuk Khashoggi dan satu media yang dijuluki TIME sebagai 'The Guardian and the War on Truth'.

Seperti dilansir TIME dan Today.com, Selasa (11/12/2018), pengumuman TIME Person of the Year 2018 ini disampaikan dalam tayangan program Today Show pada televisi AS, NBS pada Selasa (11/12) pagi waktu setempat.

Empat jurnalis dan satu media yang ditetapkan sebagai TIME Person of the Year 2018 itu terdiri atas Jamal Khashoggi, Maria Ressa, Wa Lone dan Kyaw Soe Oo serta Capital Gazette of Annapolis, Maryland, Amerika Serikat (AS). Ada empat versi sampul TIME untuk menghormati mereka yang terpilih, yakni yang menampilkan wajah Khashoggi, wajah Ressa, wajah staf-staf Capital Gazette dan wajah istri-istri Wa Lone dan Kyaw Soe Oo.

"Seperti semua pemberian manusia, keberanian datang pada kita pada level berbeda-beda dan momen berbeda-beda," sebut Editor-in-Chief majalah TIME, Edward Felsenthal, dalam penjelasan soal penetapan TIME Person of the Year 2018.


"Tahun ini, kami mengakui empat jurnalis dan satu kantor berita yang telah membayar harga yang besar demi menghadapi tantangan: Jamal Khashoggi, Maria Ressa, Wa Lone dan Kyaw Soe Oo, dan Capital Gazette of Annapolis, Md," imbuhnya.

"Mereka perwakilan dari pertempuran secara luas oleh jurnalis-jurnalis tak terhitung lainnya di seluruh dunia -- hingga 10 Desember, sedikitnya 52 jurnalis dibunuh pada tahun 2018 -- yang mempertaruhkan semuanya untuk menceritakan kisah kita era kita," sebutnya.

Khashoggi seperti diketahui merupakan wartawan senior Saudi dan kolumnis The Washington Post yang dibunuh di dalam Konsulat Saudi di Istanbul, Turki pada 2 Oktober lalu. Semasa hidup, Khashoggi dikenal sangat kritis terhadap kebijakan otoritas Saudi. Pembunuhan Khashoggi menjadi sorotan internasional dan dicurigai melibatkan level tertinggi pemerintahan Saudi, termasuk menyeret nama Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS).

Maria Ressa merupakan editor Rappler, situs berita independen di Filipina yang sangat kritis terhadap pemerintahan Presiden Rodrigo Duterte.


Sedangkan Wa Lone dan Kyaw Soe Oo merupakan dua reporter Reuters di Myanmar yang kini ditahan dan diadili karena dianggap melanggar Undang-Undang Rahasia Negara dengan menyelidiki dan melaporkan kekejaman yang dialami etnis minoritas Rohingya.

Kemudian kantor berita Capital Gazette di Annapolis, AS diketahui kehilangan lima jurnalis dan satu staf sales mereka pada awal tahun ini saat seorang pria bersenjata melakukan penembakan brutal di dalam kantor mereka.

Disebutkan TIME bahwa keempat jurnalis dan satu kantor berita ini dipilih 'karena mengambil risiko besar dalam mengejar kebenaran secara luas, karena perburuan penting meskipun tidak sempurna untuk fakta-fakta yang sentral bagi wacana sipil, karena berani berbicara keras dan lugas'.

Pemilihan TIME Person of the Year dimulai sejak tahun 1927 dan setiap penerimanya dipilih oleh para editor majalah TIME.


(nvc/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed