DetikNews
Kamis 15 November 2018, 12:09 WIB

Turki Dorong Ada Penyelidikan Internasional Usut Pembunuhan Khashoggi

Rina Atriana - detikNews
Turki Dorong Ada Penyelidikan Internasional Usut Pembunuhan Khashoggi Wartawan Jamal Khashoggi tewas dibunuh. (Foto: BBC World)
Ankara - Turki mendorong adanya penyelidikan internasional untuk mengusut kasus pembunuhan wartawan Saudi, Jamal Khashoggi. Turki menilai penyelidikan internasional penting untuk mengungkap siapa pembunuhan Khashoggi sebenarnya.

Dilansir dari Reuters, Kamis (15/11/2018), hal tersebut disampaikan Menlu Turki Mevlut Cavusoglu dalam pernyataannya di Parlemen, Rabu (14/11).


"Kami akan melakukan apa saja untuk mencari titik terang siapa pembunuhnya. Kami telah menunjukkan bukti (pembunuhan Khashoggi) kepada semua pihak yang ingin melihat," ujar Mevlut Cavusoglu.

Turki sebelumnya mengatakan akan bekerja sama dalam penyelidikan internasional, dan menyerukan penyelidikan melalui Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Sebelumnya Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut otoritas intelijen Arab Saudi terkejut setelah mendengarkan rekaman audio pembunuhan wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi. Erdogan sendiri menyebut isi rekaman pembunuhan itu 'sungguh mengerikan'.


Seperti dilansir Hurriyet Daily News dan Reuters, Selasa (13/11), Erdogan juga menyerukan kepada otoritas Saudi untuk mengambil tindakan konkret terhadap pelaku pembunuhan Khashoggi.

Lebih lanjut Erdogan menyebut bahwa Jaksa Agung Saudi yang beberapa lalu mengunjungi Istanbul untuk membahas kasus Khashoggi justru terkesan menunda-nunda penyelidikan, meskipun ada cukup bukti dan informasi.


Saksikan juga video 'Hasil Penyelidikan Khashoggi Diklaim 'Loloskan' Putra Mahkota':

[Gambas:Video 20detik]


(rna/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed