DetikNews
Kamis 08 November 2018, 14:52 WIB

Afrika Puji Ilhan Omar, Eks Pengungsi yang Jadi Anggota Kongres AS

Novi Christiastuti - detikNews
Afrika Puji Ilhan Omar, Eks Pengungsi yang Jadi Anggota Kongres AS Ilhan Omar (AFP PHOTO / STEPHEN MATUREN)
Mogadishu - Para pemimpin, politikus dan aktivis Afrika ramai-ramai mengucapkan selamat kepada Ilhan Omar yang mencetak sejarah tidak hanya sebagai muslimah, tapi juga pengungsi Somalia pertama yang menjadi anggota Kongres Amerika Serikat (AS).

Omar (36) yang mewakili Partai Demokrat ini memenangkan kursi House of Representatives (HOR) -- setara DPR -- untuk salah satu distrik di negara bagian Minnesota dalam pemilu sela 6 November lalu. Dia akan menggantikan Keith Ellison, anggota parlemen Demokrat yang juga seorang muslim.

"Menyampaikan ucapan selamat dan ucapan hangat untuk Anda, Ilhan. Kemenangan Anda adalah kemenangan komunitas global kita," ucap Perdana Menteri Somalia, Hassan Ali Khaire, via Twitter seperti dilansir kantor berita Anadolu Agency, Kamis (8/11/2018).

Khaire menyebut kemenangan Omar sebagai inspirasi untuk seluruh kaum muda Somalia, di mana pun mereka berada. "Kesuksesan Anda adalah kesuksesan mereka," sebutnya.


Utusan khusus badan pengungsi PBB untuk Tanduk Afrika, Duta Besar Mohamed Abdi Affey, menyebut terpilihnya Omar yang mantan pengungsi ini telah menjadi inspirasi bagi jutaan pengungsi di seluruh dunia. Affey yang mantan Wakil Menteri Luar Negeri Kenya ini, menyebut kemenangan Omar menjadi anggota Kongres AS akan memberikan harapan bagi banyak pengungsi.

Diketahui bahwa Omar kabur dari Somalia yang dilanda konflik saat dirinya masih kecil. Dia tiba di AS saat masih berusia 12 tahun setelah menghabiskan waktu 4 tahun di sebuah kamp pengungsian Dadaab di wilayah Kenya.

Bersama keluarganya, Omar kemudian pindah ke kota Minneapolis, kota terbesar di negara bagian Minnesota, dengan kemampuan berbahasa Inggris sangat minim. Dia tumbuh besar di kawasan Cedar-Riverside, Minneapolis, bersama keluarganya yang berasal dari Somalia.

Omar yang berhijab ini kemudian bergabung dengan partai lokal Minnesota Democratic-Farmer-Labor-Party (DFL) dan terpilih mewakili distrik 60B Minneapolis dalam pemilu 8 November 2016. DFL sendiri berafiliasi dengan Partai Demokrat AS.


Tak hanya puas menjadi legislator daerah, Omar mencalonkan diri sebagai anggota HOR dalam pemilu sela AS. Dia mengalahkan kandidat Partai Republik Jennifer Zielinski dan berhak mewakili Distrik ke-5 Minnesota dalam HOR.

Omar bersama Rashida Tlaib yang menjadi anggota HOR untuk negara bagian Michigan, mencetak sejarah sebagai dua muslimah pertama yang bergabung dengan Kongres AS sepanjang sejarah.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed