detikNews
Selasa 06 November 2018, 12:58 WIB

Pria Australia Tewas Diserang Hiu di Pantai Wisata Populer

Novi Christiastuti - detikNews
Pria Australia Tewas Diserang Hiu di Pantai Wisata Populer Ilustrasi (Thinkstock)
Queensland - Tragis! Seorang pria di Queensland, Australia tewas usai diserang seekor hiu di pantai timur laut negara tersebut. Serangan hiu semacam ini merupakan insiden ketiga di kawasan yang dikenal sebagai tujuan wisata terkenal tersebut, dalam dua bulan terakhir.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (6/11/2018), pria Australia berusia 33 tahun yang tidak disebut namanya itu sedang melakukan paddle boarding dan berenang di dekat yacht yang berlayar di perairan dekat Cid Harbour di Whitsunday Islands saat insiden terjadi.


Pria itu digigit seekor hiu pada Senin (5/11) sore, sekitar pukul 17.30 waktu setempat.

"Pria itu kemudian dilarikan ke pantai sebelum dibawa ke Rumah Sakit Mackay, tempat dia meninggal dunia," sebut juru bicara kepolisian setempat.

Dituturkan juru bicara Layanan Ambulans Queensland bahwa pria tersebut mengalami luka parah di kedua kaki dan salah satu lengannya. Dia sempat mendapatkan CPR atau napas buatan sebelum dibawa ke rumah sakit, namun nyawanya tidak terselamatkan.


Insiden serupa pernah terjadi di kawasan yang sama pada September lalu. Dua korban yang merupakan seorang bocah perempuan berusia 12 tahun dan seorang pria berusia 46 tahun mengalami luka parah usai diserang hiu saat berenang di lautan. Dua insiden itu terjadi dalam dua hari berturut.

Whitsunday Islands merupakan tujuan wisata populer yang berjarak 900 kilometer sebelah barat laut kota Brisbane, Queensland. Otoritas setempat menyebut serangan hiu di kawasan tersebut tergolong langka.

Diketahui bahwa menurut Dokumen Serangan Hiu Internasional pada University of Florida di Amerika Serikat, Australia berada di bawah Amerika Serikat untuk jumlah serangan hiu terhadap manusia tanpa provokasi sepanjang tahun 2017.


(nvc/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com