DetikNews
Kamis 18 Oktober 2018, 01:03 WIB

Trump Bantah Lindungi Pihak Saudi di Kasus Hilangnya Khashoggi

Arief Ikhsanudin - detikNews
Trump Bantah Lindungi Pihak Saudi di Kasus Hilangnya Khashoggi Foto: REUTERS/Eduardo Munoz
Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membantah dirinya melindungi pihak Arab Saudi dalam kasus hilangnya Jamal Khashoggi. Dia mengatakan hanya ingin tahu apa yang sebenarnya terjadi.

"Saya hanya ingin mencari tahu apa yang terjadi. Saya tidak memberi perlindungan sama sekali," ucap Trump seperti dilansir dari Reuters, Kamis (18/10/2018).

Dia mengatakan dirinya menunggu laporan dari Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo yang tengah berkunjung ke Saudi. Trump menyatakan pihaknya telah meminta bukti rekaman soal pembunuhan Khashoggi yang disebut dimiliki oleh Turki
.

"Kami telah memintanya, jika ada. Saya belum yakin bahwa itu ada, mungkin, mungkin. Saya akan memiliki laporan lengkap tentang hal itu dari Mike (Pompeo) ketika dia kembali. Itu akan menjadi pertanyaan pertama yang saya tanyakan," ujarnya.

Sebelumnya, Trump dikritik terkait langkah yang diambilnya dalam kasus ini. Salah satunya dari Senator Elizabeth Warren dari Partai Demokrat menyinggung soal keterkaitan bisnis antara Trump dan Saudi dalam mengkritik pendekatan Trump terhadap kasus Khashoggi.

Informasi terbaru menyebut wartawan Arab Saudi, Jamal Khashoggi, langsung diserang begitu masuk ke dalam konsulat Saudi di Istanbul, Turki pada 2 Oktober lalu. Informasi ini juga menyebut Khashoggi dipukuli di depan Konsul Jenderal (Konjen) Saudi, Mohammad Utaybi.

Seperti dilansir media lokal Turki, Daily Sabah, Rabu (17/10/2018), informasi terbaru ini diungkapkan oleh seorang sumber pejabat Turki yang dikutip oleh media Al Jazeera Arabic.

Sumber pejabat Turki yang dikutip Al Jazeera menyebut rekaman aksi mengerikan terhadap Khashoggi itu telah didapatkan polisi Turki. Bukti berupa rekaman audio itu disebut berdurasi 11 menit. Analisis suara terhadap rekaman itu telah dilakukan dan polisi Turki mengidentifikasi tiga suara pria yang diyakini warga Saudi, selain suara yang diyakini sebagai suara Khashoggi.



Saksikan juga video 'Trump Kirim Utusan ke Raja Salman Bahas Kasus Kashoggi':

[Gambas:Video 20detik]


(aik/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed