DetikNews
Kamis 11 Oktober 2018, 11:56 WIB

Wartawan Arab Saudi Hilang, Jam Tangan Jadi Fokus Penyelidikan

Novi Christiastuti - detikNews
Wartawan Arab Saudi Hilang, Jam Tangan Jadi Fokus Penyelidikan Jamal Khashoggi (Middle East Monitor/Handout via REUTERS/File Photo)
Istanbul - Otoritas Turki disebut sedang memfokuskan penyelidikan pada satu perangkat yang dipakai wartawan Arab Saudi, Jamal Khashoggi, saat masuk ke Konsulat Saudi di Istanbul, Turki dan menghilang secara misterius. Perangkat itu diharapkan bisa membantu mencari keberadaan Khashoggi saat ini.

Dituturkan dua pejabat senior Turki, seperti dilansir Reuters, Kamis (11/10/2018), perangkat yang dipakai Khashoggi itu diharapkan bisa memberikan petunjuk penting soal nasib kolumnis The Washington Post yang dirumorkan dibunuh di dalam Konsulat Saudi.

Perangkat yang dimaksud adalah sebuah smartwatch atau jam tangan pintar warna hitam merek Apple, atau yang juga disebut Apple Watch. Dua pejabat senior Turki itu menyebut Khashoggi tetap memakai Apple Watch miliknya saat memasuki gedung Konsulat Saudi pada 2 Oktober lalu.


Diketahui bahwa dua telepon genggam milik Khashoggi dititipkan ke tunangannya, Hatice Cengiz, yang tidak bisa masuk dan terpaksa menunggu di luar. Namun diketahui bahwa salah satu telepon genggam itu terhubung dengan Apple Watch yang dipakai Khashoggi saat itu.

Disebutkan seorang pejabat senior pemerintahan Turki dan seorang pejabat senior keamanan setempat yang tidak bisa disebut identitasnya, dua perangkat teknologi yang saling terhubung itu menjadi 'jantung' penyelidikan atas hilangnya Khashoggi.

"Kami telah menentukan bahwa itu memang dia ketika dia masuk ke dalam Konsulat (Saudi-red)," ujar pejabat keamanan Turki itu, merujuk pada rekaman kamera keamanan.


Diungkapkan juga oleh pejabat itu bahwa para penyidik Turki kini berusaha mencari tahu informasi apa saja yang ditransmisikan oleh Apple Watch yang dipakai Khashoggi ke telepon genggam miliknya, yang dititipkan ke tunangannya.

"Dinas intelijen, kantor jaksa dan tim teknologi sedang memeriksa ini. Turki tidak memiliki jam tangan itu jadi kami berupaya melakukannya melalui perangkat yang terhubung," tutur pejabat keamanan Turki tersebut.

Secara terpisah, sejumlah pakar teknologi menyebut sebuah Apple Watch pada dasarnya bisa memberikan data seperti lokasi dan denyut jantung si pemakai. Namun sayangnya, data yang ditemukan para penyidik Turki akan sangat bergantung pada jenis smartwatch yang dipakai Khashoggi dan apakah smartwatch itu terhubung dengan internet juga apakah smartwatch itu cukup dekat dengan sebuah iPhone untuk melakukan sinkronisasi.


Ditambahkan oleh dua sumber keamanan Turki kepada Reuters, hasil pemeriksaan terhadap rekaman kamera keamanan atau CCTV di sekitar Konsulat Saudi menunjukkan bahwa Khashoggi tidak pernah meninggalkan kompleks konsulat tersebut dari dua pintu yang tersedia, sejak 2 Oktober lalu.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed