DetikNews
Selasa 09 Oktober 2018, 19:04 WIB

Selidiki Hilangnya Jurnalis, Turki Akan Geledah Konsulat Saudi

Novi Christiastuti - detikNews
Selidiki Hilangnya Jurnalis, Turki Akan Geledah Konsulat Saudi Konsulat Arab Saudi di Istanbul dalam foto yang diambil 8 Oktober (REUTERS/Murad Sezer)
Istanbul - Otoritas Turki memastikan penggeledahan akan dilakukan terhadap gedung Konsulat Arab Saudi di Istanbul terkait hilangnya jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi. Ditegaskan otoritas Turki bahwa penyelidikan kasus Khashoggi ini terus berlanjut.

Seperti dilansir Reuters dan media lokal Turki, Daily Sabah, Selasa (9/10/2018), juru bicara Kementerian Dalam Negeri Turki, Hami Aksoy menuturkan bahwa meskipun Konvensi Wina menyatakan gedung konsulat memiliki kekebalan diplomatik, tetap bisa digeledah atas izin kepala misi diplomatik.

"Gedung Konsulat (Saudi-red) akan digeledah dalam kerangka investigasi," demikian pernyataan Hami Aksoy.

Ditambahkan Hami Aksoy bahwa penggeledahan Konsulat Saudi di Istanbul nantinya akan mematuhi Konvensi Wina soal Hubungan Konsuler dan dilakukan dengan izin Kepala Misi Diplomatik Saudi di Turki. Tidak disebut lebih lanjut waktu penggeledahan.


Hami Aksoy menyatakan bahwa penyelidikan kasus hilangnya Khashoggi 'berlanjut secara intensif'. Dituturkan Kementerian Luar Negeri Turki bahwa otoritas Saudi terbuka untuk bekerja sama terkait penyelidikan kasus ini.

Otoritas Turki sebelumnya diberitakan meminta izin untuk menggeledah gedung Konsulat Saudi di Istanbul. Diketahui bahwa kompleks konsulat yang merupakan misi diplomatik Saudi merupakan wilayah kedaulatan Saudi meski berada di wilayah Turki.

Permintaan itu diajukan saat Turki memanggil Duta Besar Arab Saudi Waleed A M Elkhereiji untuk kedua kalinya pada Minggu (7/10) waktu setempat.

Diketahui bahwa Khashoggi (59) menghilang sejak mendatangi Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober, untuk mengurus dokumen resmi bagi pernikahannya dengan tunangannya asal Turki, Hatice Cengiz. Sang tunangan menemaninya namun tidak diizinkan masuk bersamanya. Cengiz pun menunggu di luar Konsulat Saudi namun Khashoggi tidak pernah keluar.


Kasus menghilangnya Khashoggi ini tengah diselidiki otoritas Turki. Daily Sabah menyebut 'kecurigaan terbesar' dalam penyelidikan hilangnya Khashoggi adalah sejumlah mobil van yang terlihat keluar dari Konsulat Saudi, dalam kurun waktu 2 jam usai Khashoggi masuk.

Laporan sebelumnya menyebut bahwa pihak kepolisian Turki telah memeriksa kamera-kamera pengawas dan tidak melihat Khashoggi meninggalkan konsulat Saudi di Istanbul dengan berjalan kaki. Namun diketahui banyak mobil diplomat yang keluar-masuk dari gedung Konsulat Saudi di Istanbul.

Otoritas Saudi, melalui kantor berita Saudi Press Agency (SPA), telah membantah keras laporan media-media yang menyebut Khashoggi dibunuh di dalam Konsulat Saudi. Pejabat Konsulat Saudi di Istanbul menyebut laporan itu sebagai 'tuduhan tak berdasar'.


(nvc/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed