DetikNews
Kamis 13 September 2018, 18:12 WIB

Jho Low Pernah Beri Ferrari ke Kim Kardashian dengan Dana 1MDB

Novi Christiastuti - detikNews
Jho Low Pernah Beri Ferrari ke Kim Kardashian dengan Dana 1MDB Kim Kardashian (Instagram)
New York - Miliarder Malaysia, Low Taek Jho alias Jho Low, pernah menghadiahkan sebuah mobil Ferrari seharga US$ 325 ribu (Rp 4,7 miliar) ke selebriti Kim Kardashian dan mantan suaminya, Kris Humphries. Ferrari itu diduga dibeli dengan dana 1Malaysia Development Berhad (1MDB) yang diselimuti skandal korupsi.

Seperti dilansir Malay Mail, Kamis (13/9/2018), laporan itu disampaikan oleh situs berita selebriti, Page Six, yang ada di bawah media ternama AS, New York Post. Mobil Ferrari warna putih itu diberikan Jho Low sebagai hadiah pernikahan keduanya pada tahun 2011 lalu.

Dalam artikelnya, Page Six menyebut Ferrari itu diduga dibeli dengan uang 'yang dicuri dari rakyat Malaysia'.

Diketahui bahwa Jho Low kini tengah diburu otoritas Malaysia terkait skandal 1MDB. Jho Low ditetapkan sebagai tokoh kunci dalam skandal 1MDB, baik oleh otoritas Malaysia maupun otoritas Amerika Serikat (AS) yang juga menyelidiki kasus ini. Sosok Jho Low disebut dekat dengan mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak yang juga terjerat skandal 1MDB.


Bulan lalu, Kepolisian Malaysia resmi mendakwa Jho Low dengan delapan dakwaan pencucian uang terkait dana 1MDB. Selain Jho Low, ayahnya yang bernama Tan Sri Low Hock Peng juga ikut dijerat dakwaan pencucian uang. Keduanya akan diadili secara 'in-absentia' karena keberadaan mereka masih misterius. Surat perintah penahanan untuk Jho Low dan ayahnya juga telah dirilis oleh pengadilan Malaysia

Pernikahan Kardashian dan Humphries hanya bertahan selama 72 hari sebelum keduanya memutuskan bercerai. Laporan Page Six menyebut bahwa keduanya sempat memperebutkan kepemilikan mobil Ferrari pemberian Jho Low itu dalam proses perceraian.

"Kris sedang ada di rumah Kim saat hadiah (Ferrari-red) itu diantarkan -- hadiah itu diberikan untuk mereka berdua tapi Kim menguasai sendiri kepemilikan hadiah itu dan sering menggunakannya," tutur seorang sumber yang memahami isu ini.

Kardashian yang kini menikah dengan rapper terkenal AS, Kanye West, terlihat menggunakan mobil Ferrari warna putih saat menghadiri acara makan malam di Miami, bulan lalu. Namun publicist dan pengacara yang mewakili Kardashian dalam perceraiannya, enggan mengungkapkan apakah mobil mewah itu masih dipakai hingga kini.


Menurut kolumnis Page Six, Richard Johnson, dalam artikelnya, pada saat pernikahan Kardashian dengan Humphries digelar, tamu yang menghadiahkan Ferrari itu disebut sebagai 'seorang pengusaha Malaysia. Namun sejumlah sumber terpisah menyebut sosok tamu itu adalah Jho Low.

Ditambahkan Johnson, Departemen Kehakiman AS atau DoJ memburu selebriti seperti Leonardo DiCaprio dan Miranda Kerr yang menerima hadiah dari Jho Low. DiCaprio sendiri telah mengembalikan lukisan Picasso dan Basquiat, sedang Kerr telah mengembalikan perhiasan berlian senilai US$ 8 juta. Tidak diketahui apakah DoJ akan menyita Ferrari yang diberikan kepada Kardashian.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed